Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh PadaRenang Gaya Punggung

Rizky Avia Helvian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan model iniadalah untuk menghasilkan model pembelajaran keseimbangan renang gaya punggung, (2) untuk dapat memperoleh informasi tentang pengembangan model pembelajaran renang gaya punggung siswa di usia Sekolah Dasar untukmenentukan efektivitas pengembangan model pembelajaran dengan melalui empat tahap yaitu (1) tahap identifikasi dan analisis kebutuhan, (2) tahap merancang model pembelajaran untuk meningkatkan keseimbangan renang gaya punggung, (3) tahap menyiapkan seluruh persiapan untuk nantinya diajarkan dalam pembelajaran renang gaya punggungdan (4) implementasi model pembelajaran yang sudah diajarkan terhadap siswa dengan melakukan tes awal dan tes akhir yang dilakukan siswa SD Negeri Guntur. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation).Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Guntur Kota Cirebon.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah pengembangan model pembelajaran keseimbangan renang gaya punggung untuk rata-rata siswa mempunyai beberapa masalah dalam menguasai gerak dasar gaya punggung dengan skor yang diperoleh dari rata-rata semua siswa yang melaksanakan ialah 71,56 dan setelah dilakukan perlakuan dengan model pembelajaran yang sudah disiapkan memperoleh skor yang meningkat sebesar 78,62. Yang berarti terdapat perubahan sesudah diberikan model pengembangan pembelajaran keseimbangan renang gaya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v19i2.21818

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 421 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter