Pengaruh Promosi Melalui Media SosialDan Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung PadaEvent Olahraga Indonesia Sport Expo & Forum 2019

Yasmin Yasmin

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh promosi melalui media sosial dan kualitas layanan terhadap minat berkunjung pada event olahraga Indonesia Sport Expo & Forum 2019.Data primer berupa kuesioner dengan 100 responden. Variabel independen adalah promosi dengan indikator : iklan, promosi penjualan, public relations, dan pemasaran online. Variabel independen lainnya adalah kualitas layanan dengan indikator : bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Variabel dependen berupa minat berkunjung dengan indikator : minat transaksional, minat referensial, preferensial dan minat eksploratif. Penelitian ini dilakukan di Expotama Sinergi, dan JCC.Metode analisis data berupa analisis regresi linier berganda. Kemudian diuji pengaruh promosi melalui media sosial dan kualitas layanan terhadap minat berkunjung pada event olahraga Indonesia Sport Expo & Forum 2019 menggunakan Uji T. Secara simultan promosi melalui media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikansi 0,041 < 0,05. Secara parsial hanya media sosial Instagram yang berpengaruh dominan terhadap minat berkunjung. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung dengan tingkat signifikansi 0,017 < 0,05. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya pengaruh yaitu 27,8%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v19i2.21824

Article Metrics

Abstract view : 609 times
PDF - 736 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter