ANALISIS STATUS GIZI DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN TUBUH MENGGUNAKAN OKSIGEN SECARA MAKSIMAL (VO2 Maks)

Badaruddin Badaruddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara status gizi dengan kemampuan tubuh menggunakan oksigen maksimal. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam rangka pembinaan keadaan gizi, kesehatan dan kesegaran jasmani karena kemampuan tubuh menggunakan oksigen menentukan tingkat kesegaran jasmani, dan dapat menjadi pengetahuan khususnya bagi para pembina, pelatih, atlet dan pecinta olahraga.

            Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive yaitu, 50 pelajar SMP Negeri  12 Kendari dalam hal ini laki-laki yang mewakili SMP Negeri 12 Kendari. Data status gizi dan kemampuan tubuh menggunakan oksigen secara maksimal; data status gizi  diperoleh dengan cara mengukur tinggi badan (TB dalam cm), berat badan (BB dalam  kg), kemudian dimasukkan dalam  tabel antropometri gizi menurut berat badan dan tinggi badan pada batas ukur (6 – 17 tahun) menurut jenis kelamin. Data kemampuan tubuh menggunakan oksigen secara maksimal diperoleh dengan cara tes lari-jalan 15 menit kemudian data yang diperoleh dimasukkan dalam rumus VO2 maks.

            Analisis data yang digunakan  adalah teknik analisis persentase mengenai tingkat status gizi. Dari sampel 50 orang ditemukan 39 orang  (78%) berstatus gizi normal  (N), 11 orang  (22%) berstatus kurang (K), dan 0% berstatus gizi buruk dalam artian bahwa dari 50 orang sampel tidak ada yang berstatus gizi buruk.

            Untuk menguji hipotesis digunakan teknik analisis korelasi serial. Dengan analisis ini diperoleh hasil akhir nilai koefisien korelasi negatif sebesar – 0,756 dan koefisien determinannya 57%. Ini berarti bahwa ketergantungan kemampuan tubuh menggunakan oksigen secara maksimal sebesar 57% ditentukan oleh status gizi. Sedangkan koefisien korelasi negatif (- 0,756) berarti bahwa makin tinggi status gizi makin rendah kemampuan tubuh menggunakan oksigen secara maksimal, demikian pula sebaliknya.

            Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kemampuan tubuh menggunakan oksigen secara maksimal, karena data korelasinya menunjukkan rser XY = - 0,756 < 0,297 (95%) < 0,361 (99%) (tabel harga kritik R product-moment).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v19i2.21825

Article Metrics

Abstract view : 245 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter