EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA TAEKWONDO DI SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGA (SKO) RAGUNAN JAKARTA

Isack Yacob Petrusz, Johansyah Lubis, Fatah Nurdin

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang penyelenggaraan Program Pembinaan Cabang Olahraga Taekwondo di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan Jakarta. Penelitian evaluasi program ini dilaksanakan dalam rangka menguji tingkat ketercapaian tujuan-tujuan yang telah ditetapkan pada penyelenggaraan program Pembinaan cabang olahraga Taekwondo.

Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta pada Asisten Deputi Pengelolaan Sentra Keolahragaan Bidang Sekolah Khusus Olahraga Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, beralamat di Jalan Gerbang Pemuda No. 3 Senayan Jakarta Pusat.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2020.Penelitian evaluasi inimetode penelitian kualitatif dengan pendekatan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. 

Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu: Tahapan context, penyelenggaraan program pembinaan cabang olahraga Taekwondo di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan Jakarta dikategorikan sangat baik dan terdapat kesesuaian dalam pelaksanaan program dengan visi dan misi yang hendak dicapai. Tahapan Input, berdasarkan hasil evaluasi dari lima komponen yang meliputi sistem perekrutan atlet, sistem perekrutan pelatih, sarana dan prasarana, pembiayaan dan prosedur program latihan diperoleh hasil cukup baik dengan pedoman penyelenggaraan program pembinaan cabang olahraga taekwondo. Tahapan proses meliputi proses pelaksanaan dan peran tim monitoring dan evaluasi program latihandikategorikan baik.Tahapan produk yang di evaluasi adalah yakni prestasi atlet.evaluasi ini sudah sesuai harapan dari penyelenggaraan program pembinaan cabang olahraga Taekwondo di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan Jakarta.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v20i1.26279

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter