PENGARUH POWER LENGAN, FLEKSIBILITAS PINGGANG, DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MEMUKUL PADA PERMAINAN SOFTBALL

Iqbal Nur Huda, James Tangkudung, Achmad Sofyan Hanif

Abstract


Objektifitas pada penelitian ini untuk meneliti pengaruh kekuatan lengan, fleksibilitas pinggang, dan koordinasi mata tangan pada kemampuan memukul dalam softball. Penelitian ini dilakukan pada tim softball cilegon. Menggunakan metode analisis jalur, setelah memperoleh data dari lapangan kemudian di proses dan telah lulus berbagai tes yang diperlukan, kemudian langkah selanjutnya dalam penelitian adalah model hubungan sebab akibat dilakukan pada jalur analisis. Berdasarkan pada model hubungan sebab akibat yang terbentuk secara teoritis pada diagram jalur analisis akan diperoleh dan memperhitungkan nilai koefisien pada tiap jalur.

Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 40 atlet laki laki dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan (1) tidak ada efek langsung pada kekuatan lengan terhadap koordinasi mata tangan; (2) efek positif langsung terhadap fleksibilitas pinggang pada koordinasi mata tangan; (3) tidak ada efek positif langsung dari kekuatan lengan terhadap kesuksesan memukul; (4) tidak ada efek positif langsung pada fleksibilitas pinggang pada kesuksesan memukul; (5) efek positif langsung pada koordinasi mata tangan terhadap kesuksesan memukul.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v20i1.26290

Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter