PENGARUH MODELSCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) DALAM AKTIVITAS FISIK TERHADAP MOTIVASI DAN SELF-CONFIDENCE

Fachriza Byoka, Dian Budiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah ada Pengaruh antara Model Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam Aktivitas Fisik terhadap Motivasi (2) Mengetahui apakah ada pengaruh antara Model Science, Technology, Engineering, andMathematics (STEM) dalam Aktivitas Fisik terhadap dan Self-Confidence.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimen 12 kali pertemuan dengan sistem daring dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom untuk tatap muka, pemberian materi ajar dan pemberian tugas gerak untuk siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas 8A dan 8B SMP LabSchool UPI. Metode pengumpulan data menggunakan agket kuisioner. Hasil dari uji N-gain Score menunjukan bahwa: (1) pada variable motivasi nilai kelompok eksperimen berada pada angka 55.2 dan untuk kelompok kontrol pada angka 43.5, maka dapat disimpulkan dan disesuaikan dengan tabel tafsiran efektivitas yang menyatakan kelompok eksperimen dikatakan cukup efektif hasilnya sedangkan untuk kelompok kontrol dikatakan kurang efektif (2) pada variable self-confidence nilai kelompok eksperimen berada pada angka 0.1 dan untuk kelompok kontrol pada angka 0.5, maka dapat disimpulkan dan disesuaikan dengan tabel pembagian skor gain yang menyatakan kelompok eksperimen dikatakan cukup efektif hasilnya sedangkan untuk kelompok kontrol dikatakan kurang efektif. Kesimpulan: Program STEM berdampak terhadap perkembangan motivasi dan self-confidence.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v20i2.30943

Article Metrics

Abstract view : 187 times
PDF - 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter