SURVEI MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENJASKES

Anisa Oktafiani, Meirizal Usra, Herri Yusfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran daring mata pelajaran Penjaskes. Motivasi diperlukan dalam melakukan sesuatu seperti belajar, dalam proses belajar motivasi sangat diperlukan, seseorang yang tidak memiliki motivasi dalam belajar tidak mungkin melakukan aktivitas belajar. Selalu ada faktor pendorong dan tujuan yang ingin dicapai dalam setiap perilaku individu.Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dan metode yang digunakan merupakan metode survei.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Kota Prabumulih.Peneliti mengambil sampel siswa kelas 8 dengan jumlah 87.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik persentase dalam bentuk tabel frekuensi. Hasil penelitian yang diperoleh dari motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran Penjaskes, maka diketahui untuk persentase untuk motivasi belajar siswa sebesar 73,67% dan untuk pembelajaran daring Penjaskes 84,91% dan 76,55% untuk keseluruhan persentase. Hasil tersebut berarti termasuk dalam kategori baik untuk kriteria persentase motivasi belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v20i2.30944

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter