PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN TENDANGAN ASHI MAWASHI GERI JODAN PADAATLET KUMITE KARATE TAHUN 2020

Muchtar Soritua Ambarita, Zulfan Heri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan variasi latihan tendangan Ashi Mawashi Geri Jodan pada atletkumitekarate tahun 2020. Penelitian ini dilakukan di Dojo SMP Negeri 19 Medan, Dojo SMPN 18 Negeri Medan, danDojo Lapangan Sejati Medan. Variasi yang dibuat terlebih dahulu divalidasi 3 orang ahli dibidang olahraga, yaitu 1 orang pelatih karate, 1 dosen karate dan 1 orang merupakan akademisi olahraga yang berasal dari universitas yang mempunyai latar belakang pendidikan olahraga. Uji kelompok kecil melibatkan 10 orang atlet kumite karate dan uji kelompok besar melibatkan 30 orang atlet kumite karate.Hasil validasi pengembangan variasi latihan tendangan Ashi Mawashi Geri Jodanberjumlah 20 variasi. Hasil dari validasi ahli bahwa keseluruhan bentuk latihan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tendangan Ashi Mawashi Geri Jodan. Hasil uji kelompok kecil terhadap 10 orang atlet dari Dojo SMPN 19 Medan dan Dojo Lapangan Sejati Medan.Menunjukkan bahwa 20 bentuk latihan tersebut sudah memenuhi kriteria layak atau valid. Persentase validitas dari angket yang telah dibagikan kepada sampel menunjukkan bahwa 86%-100%  atlet mengakui bahwa bentuk latihan tersebut sudah memenuhi kriteria dan dapat dipakai saat latihan.Hasil uji kelompok besar terhadap 30 orang atlet SMPN 19 Medan, Dojo Lapangan Sejati, dan Dojo SMPN 18 Medan. Menunjukkan bahwa 20 variasi tersebut sudah memenuhi kriteria layak digunakan. Persentase validitas dari angket yang telah dibagikan kepada sampel menunjukkan bahwa 88%-98% mereka mengakui bahwa variasi tersebut sudah memenuhi kriteria untuk meningkatkan kemampuan Ashi Mawashi Geri Jodan. Dapat disimpulkan bahwa 20 variasi tendangan Ashi Mawashi Geri Jodan tersebut baik untuk digunakan saat latihan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v20i2.30950

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter