PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TENIS LAPANGAN BERBASIS HUKUM SYARIAT ISLAM PADA SISWA SMP SEKOTA LANGSA

Zuhri Himawan Sirait, Zulfikri Zulfikri, Zulbandi Sitepu Zulbandi Sitepu, Rizki Kurniawan, Yoki Afriandy Yoki Afriandy

Abstract


Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan pengembangan model pembelajaran tenis lapangan berbasis hukum syariat islam pada siswa SMP di Kota Langsa. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh data persepsi siswa tentang pembelajaran tenis lapangan berbasis hukum syariah islam apabila diterapkan pada pembelajaran ataupun ektrakulikuler sekolah.. Rancangan dalam penelitian dan pengembangan model pembelajaran ini menggunakan pendekatan model penelitian dan pengembangan (Research & Development) dari Brog dan Gall. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa SMP di Kota Langsa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dari seluruh siswa di MTS Negeri 1 dan SMP Negeri 4 di Kota Langsa. Penelitian dilaksanakan di lapangantenis di Langsa. Tanggapan siswa tentang pengetahuan tentang pengajaran tenis lapangan berbasis hukum syariat islam dengan persentase 84% siswa merespon sangat baik. Tanggapan siswa tentang persepsi siswa dan guru tentang pengajaran tenis lapangan berbasis hukum syariat islam dengan persentase 85% siswa merespon sangat baik. Tanggapan siswa tentang pentingnya pengajaran tenis lapangan berbasis hukum syariat islam bagi siswa di sekolah dengan persentase 84% siswa merespon sangat baik. Jadi secara keseluruhan dapat disimpukan tanggapan siswa sangat baik dengan persentase 84%. Hasil dari Penelitian ini berupa produk model pembelajaran tenis lapangan berbasis hukum syariat islam. Target level TKT penelitian ini masih dalam level 3 dengan melakukan monitoring dan berkerjasama pada dinas syariat islam dan dinas pendidikan di Kota Langsa untuk menjadikan model tenis lapangan berbasis hukum syariat islam ini dapat diterima oleh guru-guru Penjas di sekolah. Sehingga dapat diaplikasikan pada Kurikulum maupun Silabus dan RPP oleh guru guru MGMP Penjas disekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v20i2.30952

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter