EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK DASAR TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING BOLA PADA SISWA SMA NEGERI 2 TOMIA KABUPATEN WAKATOBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap keterampilan dribbling pada permainan sepak bola pada siswa SMA Negeri 2 Tomia kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2 X 2. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik Anova 2 jalur. Dari hasil penelitian diperoleh : 1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan dribbling bola pada permainan sepak bola antara kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran drill dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode penelitian taksis dimana metode drill lebih baik dari metode taksis. 2) Metode pembelajaran drill pada kelompok yang memiliki kemampuan motorik tinggi lebih dari metode pembelajaran taksis. 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok yang memiliki kemampuan gerak dasar rendah antara kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran drill dengan kelompok siswa dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran taksis. 4) Tidak terdapat pengaruh faktor interaksi antara metode mengajar dengan kemampuan motorik dasar terhadap keterampilan dribling bola pada permainan sepak bola.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jik.v21i1.34453
Article Metrics
Abstract view : 170 timesPDF - 120 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN