EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK DASAR TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING BOLA PADA SISWA SMA NEGERI 2 TOMIA KABUPATEN WAKATOBI

Badaruddin Badaruddin, Muhammad Rusli

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap keterampilan dribbling pada permainan sepak bola pada siswa SMA Negeri 2 Tomia kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2 X 2. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik Anova 2 jalur. Dari hasil penelitian diperoleh : 1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan yang  signifikan keterampilan dribbling bola pada permainan sepak bola antara kelompok siswa yang  diajar dengan metode pembelajaran drill dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode penelitian taksis dimana metode drill lebih baik dari metode taksis. 2) Metode pembelajaran drill pada kelompok yang memiliki kemampuan motorik tinggi lebih dari metode pembelajaran taksis. 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok yang memiliki kemampuan gerak dasar rendah antara kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran drill dengan kelompok siswa dengan kelompok siswa yang  diajar dengan  metode pembelajaran taksis. 4)  Tidak terdapat pengaruh faktor interaksi antara metode mengajar dengan kemampuan motorik dasar terhadap keterampilan dribling bola pada permainan sepak bola.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v21i1.34453

Article Metrics

Abstract view : 145 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter