PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LAY UP SHOOT BOLA BASKET BERBASIS DRILL PADA MAHASISWA PJKR FIK-UNIMED TAHUN 2020

Ibrahim Ibrahim, Saipul Ambri Damanik, Mariyance Prida Mehaga

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang merupakan suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau meyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan desain pengembangan yang dipilih adalah merujuk pada pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiono. Dari Hasil Uji efektivitas model pembelajaran menggunakan instrumen penilaian keterampilan layup shoot bola basket berbasis drill mengunakan portifolio. Analisis data penelitian menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Analisis data model pembelajaran Layup shoot diperoleh nilai rata-rata pretest 48,02 dan posttest 73,17 perbandingan t-hitung dan t-tabel -167,667<1,67065, signifikansi (2-tailed) 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05, maka model pembelajaran Layup shoot berbasis drill H0 ditolak. Berdasarkan analisi data tersebut dapat dikatakan bahwa model pembelajaran layup shoot berbasis drill untuk mahasiswa yang dikembangkan, efektif dan dapat dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi layup shoot bola basket.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v21i1.34466

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter