PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN BLOG TERHADAP KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Mawar Sari, Suci Perwita Sari, Asbi Asbi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan dan menerapkan kebugaran jasmani yang baik pada mahasiswa PGSD UMSU melalui penerapan media blog dan video. Tahapan metode penelitian adalah eksperimen dimana dilakukan pre test kemudian perlakuan lanjut dilakukannya post test. Penelitian ini akan berpengaruh terhadap kapasitas kemajuan mata kuliah pendidikan jasmani pada mahasiswa program studi PGSD. Penelitian dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sebanyak 40 orang mahasiswa semester 6 , yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 20 kelompok eksperimen dan 20 kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada mei sampai juli 2022. Penelitian ini dilaksanakan untuk menguji kebugaran jasmani yang baik pada mahasiswa PGSD UMSU melalui penerapan media blog dan video. Pada bab ini, diuraikan mengenai deskripsi data kebugaran jasmani yang baik pada mahasiswa PGSD UMSU melalui penerapan media blog dan video, pengujian hipotesis, dan pembahasan hasil yang disesuaikan dengan permasalahan dan tujuan penelitian. Adapun yang menjadi variabel-variabel dalam penelitian ini adalah Media Pembelajaran Audiovisual Dan Blog sebagai variabel bebas dan Kebugaran Jasmani sebagai variabel terikat. Dari hasil perhitungan di atas terlihat bahwa thitung sebesar 7,5 dan ttabel sebesar 2,39 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Karena thitung > ttabel (7,5 > 2,39), maka hipotesis alternatif penelitian (Ha) diterima. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan secara umum bahwa Terdapat Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Dan Blog Terhadap Kebugaran Jasmani MahasiswaPendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v21i2.39962

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter