EFEKTIVITAS TAKTIKAL GAMES MODEL DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Fina Malikha Cahyani, Ineke Hanny Rahmawati, Mardhani Imaduddin, Muhammad Hafizh Sany, Jahid Jihad, Ega Trisna Rahayu

Abstract


Penelitian ini mengarah kepada pemengukur keterampilan siswa pada teknik dasar bermain futsal dengan menggunakan pendekatan taktis untuk hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan  metode  teknik  eksperiment one group pre testt dan post testt design,  sampel penelitian terdiri dari murid-murid kelas 7C yang berjumlah 43 anak.  Alat  instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Game Performance Assesment  Instrument.  Pada penelitian ini mengungkap bahwa:  1) Adanya  penambahan skor yang berbeda terhadap hasil belajar pre test dan post test sesuai dengan yang ditemui saat  penelitian terhadap  hasil belajar keterampilan teknik dasar bermain futsal di SMP yang memanfaatkan model pembelajaran tactical games 2) Adanya kenaikan antara skor pre test dan post test hasil belajar keterampilan teknik dasar bermain futsal di SMP yang menggunakan model pembelajaran tactical games.  Dengan demikian, hasil tes  keterampilan bermain futsal pada peserta didik kelas 7C yaitu dikategorikan meningkat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v22i1.45191

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter