PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI 100 METER MELALUI PENDEKATAN BERMAIN

Harry Fareira, Mulyadi Mulyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarlari 100 meter melaluipendekatanbermainpadasiswakelas X IPB SMA Negeri 1 DolokBatuNanggarTahunAjaran 2013-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitati fdengan jenis penelitian tindakan kelas.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Test Hasil Belajar pada test awal, kemudian dilakukan pembelajaran dengan penerapan Pendekatan Bermain dan dilanjutakan dengan pelaksanaan test Hasil Belajar yang berbentuk aplikasi teknik dasa rlari 100 meter. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari test hasil belajar sebelum menggunakan penerapan pendekatan bermain (pre test), diperoleh 14 siswa (38%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 22 siswa (62%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 62,64. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan penerapan pendekatan bermain. (2) dari test hasil belajar melalui penerapan pendekatan bermain diperoleh 27 siswa (75%) yang mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, sedangkan 9 siswa (25%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata rata 73.33. Kemudian dilakukan kembali penerapan pendekatan bermain yang divariasikan. (3) dari test hasilbelajar IIdiperoleh 32 siswa (89%) mencapai ketuntasan sedangkan 4 siswa (11%) belum mencapai ketuntasan, berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dapa tmeningkatakan hasil belajarlari 100 meter siswa kelas X IPB SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar TahanAjaran 2013-2014.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v13i1.6080

Article Metrics

Abstract view : 270 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter