ETIKA DAN PERMASALAHAN DALAM PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jik.v15i2.6141Abstrak
Tidak ada pendidikan yang lengkap tanpa kehadiran pendidikan jasmani; dan tidak ada pendidikan jasmani berkualitas tanpa kehadiran guru yang berkualitas. Kualitas guru diyakini sebagai faktor penting dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Empat nilai moral yaitu: keadilan, kejujuran, tanggung jawab, dan kedamaian. Lima bidang dasar nilai-nilai etika: 1) Keadilan dan persamaan, 2) Harga sendiri. 3) Hormat dan perhatian terhadap orang lain, 4) Menghormati peraturan dan kewenangan, 5) Rasa perspektif atau nilai relatif. Pendidikan jasmani sebagai alat pendidikan mempercepat anak dalam mengembangkan konsep tentang moral. Mengamati realitas moral secara kritis, akan lebih dekat pada bentuk permainan, dimana mengamati realitas moral merupakan pendidikan etika.Unduhan
Diterbitkan
2017-04-12
Cara Mengutip
Manik, S. (2017). ETIKA DAN PERMASALAHAN DALAM PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DI INDONESIA. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 15(2), 71–88. https://doi.org/10.24114/jik.v15i2.6141
Terbitan
Bagian
Articles