ETIKA DAN PERMASALAHAN DALAM PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DI INDONESIA
Abstract
Tidak ada pendidikan yang lengkap tanpa kehadiran pendidikan jasmani; dan tidak ada pendidikan jasmani berkualitas tanpa kehadiran guru yang berkualitas. Kualitas guru diyakini sebagai faktor penting dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Empat nilai moral yaitu: keadilan, kejujuran, tanggung jawab, dan kedamaian. Lima bidang dasar nilai-nilai etika: 1) Keadilan dan persamaan, 2) Harga sendiri. 3) Hormat dan perhatian terhadap orang lain, 4) Menghormati peraturan dan kewenangan, 5) Rasa perspektif atau nilai relatif. Pendidikan jasmani sebagai alat pendidikan mempercepat anak dalam mengembangkan konsep tentang moral. Mengamati realitas moral secara kritis, akan lebih dekat pada bentuk permainan, dimana mengamati realitas moral merupakan pendidikan etika.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jik.v15i2.6141
Article Metrics
Abstract view : 3336 timesPDF - 5781 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN