SURVEI MANAJEMEN PERAWATAN PERLENGKAPAN ARUNG JERAM EXPLORE SUMATERA

Puji Ratno, Etika Etika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perawatan perlengkapan Explore Sumatera, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif kualitatif dengan menggunakaIn-depth Interview untuk memperoleh keterangan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tringulasi data yang ada di Explore Sumatera.

Populasi dalam penelitian ini adalah manager Explore Sumatera yaitubapak Joni Kurniawan, karena mempunyai sertifikat internasional pernah mengikuti rescue arung jeram di Kostarika dan mempunyai sertifikat nasioanal di Jakarta.Bapak Joni Kurniawan juga ikut dalam organisasi arung jeram di Sumatera Utara yaitu FAJI sumut..

Hasil penelitian perawatan perlengkapan arung jeram Explore Sumatera dari wawancara dan dokumetasi berdasarkan indikator yaitu : Program Perawatan, Rekrutmen Personalia, Sarana Prasarana, Struktur Organisasi, Prosedur Kerja, Anggaran, Kerjasama, Latar Belakang Manager, Pengalaman Perawatan,, Evaluasi Non Terjadwal, Evaluasi Terjadwal. Hasil jumlah skor yang didapatkan dalam wawancara dan dokumentasi skornya 38, hasil dibagi dengan jumlah indikator 11.Jadi 38 :11 = 3,45. Peneliti ini menyimpulkan bahwa :jumlah skor yang didapatkan dalam wawancara dan dokumentasi adalah 38 : 11 = 3,45. Jadi Manajemen Perawatan Perlengkapan Explore Sumatera dikategorikan baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v16i1.6454

Article Metrics

Abstract view : 434 times
PDF - 1306 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter