PENGEMBANGAN LATIHAN VARIASI ZIG ZAG RUN TERHADAP KELINCAHAN ATLET KARATE KUMITE PENGCAB KKI LAMPUNG UTARA

Penulis

  • Nur Hikmah Prodi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia
  • Asri Widia Ningrum Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia
  • Sonya Trikandi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian pada penelitian ini yakni untuk menambah variasi latihan zig-zag run terhadahap kelincahan atlet karate kumite Pengcab KKI Lampung utara. Penelitian menggunakan metode RnD (Research and Development), peneliti mengembangkan produk latihan kelincahan yang sudah ada kemudian dimodifikasi kembali sesuai kebutuhan. Dari empat langkah pengembangan peneliti membatasi hanya dua langkah meliputi pengumpulan informasi dan perenacaan produk  latihan zig zag run di Pengcab KKI Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni literature review artinya peneliti mencari beberapa sumber teori yang berikaitan dengan penelitian. Hasil penelitian pengembangan latihan zig zag run pada pengumpulan informasi terdapat beberapa permasalahan meliputi pelatihan yang kurang terarah, kurangnya struktur program latihan, latihan banyak terfokus pada aspek latihan fisik lain, dan kurangnya variasi dalam latihan kelincahan. Perencanaan produk meliputi variasi latihan terstruktur dengan latihan zig zag menggunakan cone, variasi latihan zig zag run dengan memutari cone, dan variasi latihan zig zag run dengan lari sprint ke depan dan lari kelok ke samping melewati cone

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-22

Cara Mengutip

Hikmah, N., Widia Ningrum, A., & Trikandi, S. (2024). PENGEMBANGAN LATIHAN VARIASI ZIG ZAG RUN TERHADAP KELINCAHAN ATLET KARATE KUMITE PENGCAB KKI LAMPUNG UTARA. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 23(2), 267–272. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/65121