TINGKAT PEMAHAMAN ANAK SEKOLAH DASAR TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL DI UPTD SDN LAJING 02 AROSBAYA

Penulis

  • Yuliana Savira STKIP PGRI Bangkalan
  • Heni Yuli Handayani STKIP PGRI Bangkalan
  • Haryo Mukti STKIP PGRI Bangkalan

Abstrak

Permainan tradisional merupakan bagian integral dari budaya suatu Bangsa dan memiliki nilai sosial serta pendidikan yang tinggi. Permainan tradisional tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai alat untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya kepada generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tingkat pemahaman anak sekolah dasar terhadap permainan tradisional di UPTD SDN Lajing 02 Arosbaya. Metode penelitian ini menggunakan metode survei. Hasil dari penelitian ini adalah berupa angket yang di pergunakan yang terdiri dari butir pernyataan. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan relibilitas pada butir pernyataan dengan hasil pearson correlation sebesar 0,482 atau dapat dinyatakan valid. Dalam uji relibilitas yang sudah dilakukan dapat dikatakan realibel jika memperoleh hasil sebesar ( > 0,6 ) yang  artinya dapat memenuhi nilai ukur yang telah ditentukan. Adapun hasil dari penyebaran angket yang sudah dilakukan serta sudah dianalisis memunculkan hasil dengan kategori sering atau sebesar 44% dalam satu kelas sedangkan kelas lain sebesar 37% dengan score tertinggi. Dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki score yang sama dalam setiap kategorinya. Kata Kunci: Pemahaman, Sekolah Dasar, Permainan Tradisional.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-15

Cara Mengutip

Savira, Y., Handayani, H. Y., & Haryo Mukti. (2025). TINGKAT PEMAHAMAN ANAK SEKOLAH DASAR TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL DI UPTD SDN LAJING 02 AROSBAYA. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 24(1), 57–64. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/67971