PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MOGI TIGA UNTUK PESERTA DIDIK TUNA DAKSA CEREBRAL PALSY

Penulis

  • Dimas Alfogi universitas bina darma
  • Selvi Atesya Kesumawati Prodi Pendidikan Jasmani Universitas Bina Darma Palembang Indonesia
  • Bayu Hardiyono Prodi Pendidikan Jasmani Universitas Bina Darma Palembang Indonesia
  • Aprizal Fikri Prodi Pendidikan Jasmani Universitas Bina Darma Palembang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/jik.v24i2.68315

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gerak dasar berbasis permainan yang adaptif bagi peserta didik cerebral palsy (CP) di Sekolah Dasar Luar Biasa. Model yang dikembangkan, yaitu MOGI Three, dirancang dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi oleh tiga ahli menunjukkan tingkat validitas isi yang tinggi (CVR = 0,15). Uji coba skala kecil menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik mencapai kategori nilai tinggi hingga sangat tinggi dalam keterampilan motorik dasar. Hasil ini mengindikasikan bahwa MOGI Three efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif, kontrol postur, dan kemampuan motorik dasar anak CP. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model MOGI Three layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran jasmani yang adaptif, aplikatif, dan mendukung prinsip pendidikan inklusif. Kata Kunci: cerebral palsy, pendidikan jasmani, gerak dasar, model permainan, ADDIE

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-02

Cara Mengutip

Alfogi, D., Atesya Kesumawati, S., Hardiyono, B., & Fikri, A. (2025). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MOGI TIGA UNTUK PESERTA DIDIK TUNA DAKSA CEREBRAL PALSY. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 24(2), 154–161. https://doi.org/10.24114/jik.v24i2.68315