PENGARUH KEBUGARAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENJAS SISWA SEKOLAH DASAR
The Influence of Physical Fitness on Learning Outcomes in Physical Education Learning for Elementary School Students
DOI:
https://doi.org/10.24114/jik.v24i2.68621Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebugaran jasmani terhadap hasil belajar mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini Adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa, data kebugaran jasmani ini diperoleh melalui Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI), sedangkan hasil belajar diperoleh dari nilai rapor semester ganjil. Analisis statistic menggunakan uji normalitasShapiro-Wilk dan uji Mann-Whitney U untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan kebugaran jasmani tinggi (12 siswa) memiliki rata-rata nilai belajar sebesar 90,3, sedangkan siswa dengan kebugaran rendah (28 siswa) memiliki rata-rata nilai 85,7. Uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,034 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kebugaran jasmani berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PJOK. Siswa yang memiliki tingkat kebugaran jasmani lebih baik cenderung lebih aktif, tidak cepat lelah, dan lebih optimal dalam mengikuti pembelajaran, yang pada akhirnya berdampak pada pencapaian nilai yang lebih tinggi. Kata Kunci: Kebugaran Jasmani, PJOK, Mann-WhitneyUnduhan
Diterbitkan
2025-09-03
Cara Mengutip
Prima Duta, A., Dinangsit, D., & Sudirjo, E. (2025). PENGARUH KEBUGARAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENJAS SISWA SEKOLAH DASAR: The Influence of Physical Fitness on Learning Outcomes in Physical Education Learning for Elementary School Students. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 24(2), 180–188. https://doi.org/10.24114/jik.v24i2.68621
Terbitan
Bagian
Articles