UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR DAN TANGKAP BOLA PERMAINAN ROUNDERS MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BERANGKAI 4 POS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 081238 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2014/2015

Rosmaida nainggolan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar lempar dan tangkap bola permainan rounders pada siswa kelas VI SD Negeri 081238 Sibolga sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran melalui modifikasi permainan berangkai 4 pos. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 081238 Sibolga tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random class. Sampel yang diambil adalah satu kelas dan diajarkan dengan pembelajaran melalui modifikasi permainan berangkai 4 pos. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dari hasil analisis data siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah sebanyak 5 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 25%. Pada pelaksanaan siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah sebanyak 18 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 90%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar lempar dan tangkap bola permainan rounders melalui modifikasi permainan berangkai 4 pos pada siswa kelas VI SD Negeri 081238 Sibolga.

Full Text:

HTML


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v16i2.8316

Article Metrics

Abstract view : 98 times
HTML - 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter