UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MODEL COOPERATIVE TYPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 10 MEDAN

Rotua Elifrida Siburian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sejauhmana peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan model pembelajaran Cooperative tipe jigsaw pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 10 Medan, (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui kelas VIII-A SMP Negeri 10 Medan.Metode penelitian yang digunakan adala metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 10 Medan tahun pelajaran 2010/2011 pada siswa kelas VIII-A yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja lompat jauh dan observasi.Hasil penelitian terbukti signifikan (1) melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw terbukti secara efektif telah mengalami peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII-A SMP Negeri 10 Medan. Peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII-A SMP Negeri 10 Medan. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan perolehan ketuntasan belajar secara individu 79,52 % dan ketuntasan belajar secara kiasikal mencapai 91,67 %, dan (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran tampak lebih efektif sejak dan siklus I hingga siklus, II dimana rata-rata waktu efektif siswa sebesar 8 1,67%, hal ini berarti bahwa siswa belajar penuh antusias sementara waktu yang tidak efektif hanya sebesar 18,33 % atau peningkatan keaktifan siswa dan siklus I dan II sebesar 63,34%. Secara umum motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan berbagai hal yang menarik dan menantang siswa untuk melakukan aktivitas gerak.

 

Kata kunci. Hasil belajar, Lompat Jauh, Tipe Jigsaw


Full Text:

HTML


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v12i1.9246

Article Metrics

Abstract view : 147 times
HTML - 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter