Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Skipper Arung Jeram Exsplore Sumatera Kabupaten Langkat

Puji Ratno, Josephin Siahaan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani skipper arung jeram Exsplore Sumatera Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif dengan tes dan pengukuran.  Populasi  dan  sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh skipper arung jeram yang dimiliki oleh Explore Sumatera sebanyak 8 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling.

Dari komponen kebugaran jasmani,   ada beberapa komponen yang harus dimiliki oleh skipper arung jeram Explore Sumatera. Meliputi daya tahan jantung paru, kekuatan otot peras tangan kanan, kekuatan otot peras tangan kiri, kekuatan otot extensor punggung, kekuatan otot extensor tungkai, kekuatan otot bahu menarik, kekuatan otot bahu mendorong, daya ledak otot lengan, kelentukan, kecepatan gerak, kelincahan dan keseimbangan. Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata Daya tahan jantung paru 4,25, kekuatan otot peras tangan kanan 5,75,kekuatan otot peras tangan kiri 6,0, kekuatan otot extensor punggung 6,25, kekuatan otot extensor tungkai 7,5, kekuatan otot bahu menarik 6,50 dan kekuatan otot bahu mendorong 5,75, daya ledak otot lengan 6,0, kelentukan 6,50, kecepatan gerak 5,0, kelincahan 5,75 dan keseimbangan 10. Dari  seluruh  komponen  yang  diatas,  data  yang  diperoleh  kemudian dikonversikan  semua  nilai  ke  dalam  tabel  konversi  nilai  kebugaran  jasmani, kemudian dicari  nilai  rata-rata  setiap  komponen kebugaran jasmani  skipper arung jeram yang dimiliki oleh Explore Sumatera. Sehingga, dalam penelitian ini diperoleh tingkat kebugaran jasmani skipper arung jeram Explore Sumatera dengan nilai rata-rata sebesar: 6,27 dengan jumlah persentase 100% dan kategori
sedang. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani skipper arung jeram Explore Sumatera dikategorikan sedang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v17i1.9962

Article Metrics

Abstract view : 427 times
PDF - 875 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter