HUBUNGAN KECEPATAN LARI 20 METER DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KENDARI

Muhammad Rusli, Abdul Saman

Abstract


Hubungan Kecepatan Lari 20 Meter dan Power Otot Tungkai Dengan Kemampuan Lompat Jauh pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuihubungan kecepatan lari 20 meter dan power otot tungkai dengan kemampuan lompat jauh pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Kendari yang berjumlah 31 orang, dan teknik penarikan sampel adalah total sampling yaitu diambil dari seluruh jumlah populasi yaitu berjumlah 31 orang. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah tes kecepatan lari 20 meter dengan cara tes lari sprint 20 meter, tes power otot tungkai dengan cara vertikaljumpdan teskemampuan lompat jauh dengan cara melakukan lompat jauh. Data kecepatan lari 20 meter diambil waktu terbaik dari 2 kali tes, data power otot tungkai diambil nilai tebaik dari 3 kali tes dan data kemampuan lompat jauh diambil jarak terbaik dari 2 kali lompatan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis hipotesis yang diajukan adalah korelasi product moment.

Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis adalah kecepatan lari 20 meter  mempunyai hubungan dengan kemampuan lompat jauh, dimana rX1Y = 0,62 > r tabel pada taraf signifikan 0,05% = 0,355, power otot tungkai mempunyai hubungan dengan kemampuan lompat jauh dimana rX2Y = 0,85 > r tabelpada taraf signifikan 0,05 = 0,355. Sedangkan hasil uji korelasi ganda diperoleh nilai rX12Y = 0,89 > r tabel pada taraf signifikan 0,05%.  Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kecepatan lari 20 meter dan power otot tungkai dengan kemampuan lompat jauh pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v17i1.9965

Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF - 345 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter