Metode Demonstrasi dan Penugasan Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antara Ciri Khusus Mahluk Hidup Terhadap Lingkungan Hidupnya pada Siswa Kelas 5
Abstract
Penelitian tindakan ini dilakukan untuk mengetahui perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action Research) yang dilakukan dengan menggunakan alat peraga Gambar tentang mahluk hidup , alat peraga hewan dan tumbuhan seperti cicak, daun putri malu, cocor bebek yang ada dilingkungan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dikembangkan oleh Model John Elliot . Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus . Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah anak – anak SDN Karang Satria 05 Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan cara yaitu dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan interpersonal mulai dari pra-penelitian sampai siklus 2 yaitu sebesar 86% Berdasarkan kesepakatan peneliti bersama kolaborator keberhasilan tindakan dapat terjadi jika ada peningkatan Kemampuan Peserta Didik dalam Mendeskripsikan Hubungan antara Ciri Khusus Mahluk Hidup terhadap Lingkungan Hidupnya mencapai 71% Pada penelitian ini, peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan antara Ciri Khusus Mahluk Hidup terhadap Lingkungan Hidupnya sudah berhasil melampaui 71%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi serta penugasan dapat meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Peserta Didik dalam Mendeskripsikan Hubungan antara Ciri Khusus Mahluk Hidup terhadap Lingkungan Hidupnya . hal ini terlihat dari perubahan sikap anak sebelum menggunakan metode demonstrasi serta penugasan.
Full Text:
PDFReferences
Elliot, J. 1991. Action Research For Educational Change Developing Teachers and Teaching. Philadelphia University Press.
Hamalik, O., 1999. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.
Hasyim, M.H.M., 2014. Penerapan Fungsi Guru dalam Proses Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), pp. 265-276.
Kemmis, S., dan McTaggart, R. 2005. Participatory Action Research: Communicative Action and the Public Sphere. Sage Publications Ltd.
Moleong, L.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Murwani, E.D. 2006. Peran Guru dalam Membangun Kesadaran Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 6(5), pp. 59-68.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta, Bandung.
Sauri, S. 2010. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).
Setyosari, H.P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenada Media.
Sulistyanto, H., dan Wiyono, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas 4. Pusat Perbukuan, Depdiknas Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v7i2.10061
Article Metrics
Abstract view : 488 timesPDF - 491 times
Refbacks
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810