Profil Keterampilan Regulasi Metakognisi Ditinjau dari Strata Angkatan Mahasiswa Pendidikan Biologi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, A. (2011). Hubungan Kemampuan Metakognitif dan Lingkungan Belajar Rumah Sakit dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Asuhan Keperawatan pada Mahasiswa (Akademi Keperawatan Lumajang). Tesis di Bidang Pendidikan Profesi Kesehatan Program Pascasarjana UNS Surakarta.
Arief, R. H., Firdaus, & Ar, N. R. (2011). Profil Kemampuan Metakognisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau Berdasarkan Tingkat Masa Studi. Biogenesis (Jurnal Pendidikan Sains dan Biologi), 8(1), 17-24
Arifin, Arifah Novia., Saenab, Sitti. (2014). Perbandingan Kesadaran Metakognitif Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Problem-Based Instruction (Pbi) Dengan Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). Jurnal Bionature, 15 (2), 81-89.
Asmarani, D., & Sholihah, U. (2016). Karakteristik Metakognisi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Dan De Corte. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4. https://doi.org/10.24256/akh.v4i1.451
Ayu, N., Aritonng, R. (2019). Metode Kooperatif Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Prestasi Belajar Siswa. Juenal Keperawatan Vol.9 No.1p 1084-ISSN : 2086-9703 e ISSN : 2621-7694
Barry, M. (2012). What skills will you need to succeed in the future? Phoenix Forward (online). Arizona: University of Phoenix
Budi M, Ipah., Ghofar, Azizul. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Bioma, 6 (1)
Concepción, D. W. (2004). Reading philosophy with background knowledge and metacognition. Teaching Philosophy, 27(4), 351–368.
Djuanda, M. 2008. Urgensi Metakognitif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah, (Online), (http://bdkjakarta.kemenag.go.idindex.php?a=artikel &id=884).
Foong, Pui Yee (2002). Using Short Open-Ended Mathematics Questions to Promote Thinking and Understanding. The Mathematics Education into the 21st Century Project. Palermo, Italy
Griffin, P., McGaw, B. and Care, E. (eds). (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Dordrecht: Springer.
Hall, C. W., & Webster, R. E. (2008). Metacognitive and Affective Factors of College Students with and without Learning Disabilities. Journal of Postsecondary Education and Disability, 21(1), 32–41.
Mazancieux, A., Souchay, C., Casez, O., & Moulin, C. (2018). Metacognition and selfawareness in Multiple Sclerosis. Cortex,1(1), 111. https://doi.org/10.1016/j.cortex .2018.11.012
Mukhidin, Esi Febrina. (2019). Metakognitif Sebagai Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 6(1)
Nelson-Jones, R. (2015). Basic counselling skills: A Helper’s Manual 4th Edition. Sydney: SAGE Publications Ltd.
Paidi. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi UM, 1(1):20-29
Paidi. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah. Jurnal Kependidikan, 41(2), 185-201
Pai'pinan, Maitus. (2015). Profil Metakognisi Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Terbuka Geometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 1(1), 66-79
Pertiwi, Faninda & Ahmadi. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Metakognitif Mahasiswa Melalui MAI (Metacognitive Awareness Inventory) pada Eksperimen Berbasis Problem Solving.Kodifikasia, 12(35)
Pujiank, S., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2016). Kemampuan Metakognisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan, Teori, Dan Pengembangan, 1(10)
Schunk, D.H., Pintrich, P.R., &Meece, J.L. (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications Third Edition. New Jersey: Pearson Education.
Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.
Wagner, T. (2010). Overcoming The Global Achievement Gap (online). Cambridge: Harvard University.
Wibowo, Y., Widowati, A., & Krisnawati, T. (2012). Pengaruh Pembelajaran Diagram Roundhouse Terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMAN 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 39–49.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v9i1.12011
Article Metrics
Abstract view : 342 timesPDF - 247 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810