Efektifitas Problem-based Learning dengan Brainwriting berbasis Masalah Diversifikasi Pangan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ariani, M. & Ashari. (2003). Arah, Kendala dan Pentingnya Piversifikasi Konsumsi Pangan di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 2(21), 99-112. http://dx.doi.org/10.21082/fae.v21n2.2003.99-112.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Brandon, C,L. & Dorothy, H. (2011). An Overview of 21st Century Skills. Honolulu: Kamehameha Schools Research & Evaluation.
Brokop, F. & Bill, P. (2009). Writing Strategies for Learners who are Deaf. Edmonton: NorQuest College.
Budiani, S.A. (2018). Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Brainwriting. Jurnal Pedagogie, 13(1), 37-42. doi: 10.31603/paedagogie.v13i1.2086.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Ennis, R.H. (1991). Developing Minds a Resource Book for Teaching Thinking. Goal for a Critical Thinking Cirriculum. USA.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93-106. doi: 10.21831/jpe.v4i1.7713
Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 310-318. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i3.14865
Lestari., & Encon. (2017). LIPI: Kebijakan Diversifikasi Pangan Masih Tersendat. Diakses melalui http://lipi.go.id/lipimedia/lipi:-kebijakan-diversifikasi-pangan-masih-tersendat/19335 pada 1 Maret 2010.
Mariyam, S., & Yuliati, S. H. Diversifikasi Konsumsi Pangan Masyarakat Kota Yogyakarta. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Martin, D.J. (2009). Elementary Science Methods, A Constructivist Approach. USA: Wadsworth Cengage Learning.
Muhimmatin, I., Ibrohim, I., & Amin, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Dunia Tumbuhan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 3(4), 169-177. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v3i4.8167.
National Research Council. (2009). A new biology for the 21st century. National Academies Press.
Nurhayati, N. (2015). Model Pembelajaran Menulis Cerita Pendekdengan Menggunakan Teknik Brainwriting Yang Berorientasi Pada Kreativitas Siswa. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(1), 14-26. https://doi.org/10.17509/rb.v1i1.5789.g3934.
Paulus & Nijstad. (2003). Group Creativity. New York: Oxford University Press.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sapriya. (2011). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saptanti. (2016). 'Brainwriting', Cara Efektif untuk Melakukan 'Brainstorming'. Diakses melalui https://intisari.grid.id/read/0332698/brainwriting-cara-efektif-untuk-melakukan-brainstorming pada 20 November 2019.
Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Jakarta: Aditya Media.
Suryana, A. (2014, October). Menuju ketahanan pangan indonesia berkelanjutan 2025: tantangan dan penanganannya. In Forum Penelitian Agro Ekonomi (Vol. 32, No. 2, pp. 123-135). http://dx.doi.org/10.21082/fae.v32n2.2014.123-135.
NUR TIFANNI, A. F. R. I. D. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Brainwriting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi IPA Kelas IV SDN Watesnegoro 1 Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6) 925-934.
Westwood, P. S. (2008). What teachers need to know about teaching methods. Aust Council for Ed Research.
Wilson, C. (2013). Brainstorming and beyond: a user-centered design method. Newnes.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “isu-isu strategis pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).
DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v9i2.17371
Article Metrics
Abstract view : 536 timesPDF - 361 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810