Application of the Example Non Example Cooperative Learning Model to the Biology Learning Outcomes of Class XI MIPA Students at SMA Negeri 26 Bone
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 15. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056
Alexander, F., & Pono, F. R. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(2), 110. https://doi.org/10.37364/jireh.v1i2.21
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 81. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anisa. (2011). Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. JKIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 36–42.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 22. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 35. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115/110
Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 3. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.2875
Ilhami, R., & Syahrani. (2021). Pendalaman Materi Standar Isi dan Standar Proses Kurikulum Pendidikan Indonesia. Educational Journal:General and Specific Research, 1(1), 94.
Kurniawati, N., & Trisnawati, N. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Tata Ruang Kantor (Studi Pada Siswa Kelas X OTKP SMK Pawiyatan Surabaya). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 260–269.https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p260-269
Hamdani. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Sains Pendidikan Anak Usia Dini. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.58218/lambda.v2i1.110
Nadira, I. S., & Nurvita. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Project Based Learning Dan Example Non Example Pada Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 9 Palu. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(2), 133–149. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/1757
Nariana, I. D. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Berbantuan Media Gam-. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 335. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006320
Novianti, Y. R. (2021). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Example Non Example Siswa Kelas VIII-J Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 142–151.
Putra, I. G. N. K., Nugraha, I. N. P., & Dantes, K. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Chasis Siswa Kelas Xi Tkr Ii Di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(3), 40. https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i3.20278
Sari, A. K., Arif, M., Sudarsono, S., & Holifah, H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Keterampilan Kooperatif Siswa Kelas Vii Smp Pada Materi Himpunan. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 135. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i2.5202
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 31. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Thamrin, Y., Rusli, & Bernard. (2019). Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP. Imed, 3(1), 92–100.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v12i2.50491
Article Metrics
Abstract view : 96 timesPDF - 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810