Motivasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Biologi Molekuler

Evi Suryanti

Abstract


Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk  menjelaskan atau mendeskripsikan motivasi dari 35 orang mahasiswa Pendidikan Biologi di salah satu perguruan tinggi di Kota Pekanbaru dalam pembelajaran Biologi Molekuler pada Tahun Akademik 2016/2017.Pembelajaran Biologi Molekuler berlangsung dengan metode ceramah dan tanya-jawab.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Angket yang digunakan adalah angket yang diadaptasi dari Science Motivation Questionnaire II (SMQ-II) yang dikembangkan oleh Glynn, dkk., (2011). Angket motivasi ini terdiri dari lima komponen motivasi, yaitu intrinsic motivation (motivasi intrinsik), career motivation (motivasi karir),self-determination (keteguhan diri), self-efficacy (percaya diri), dan grade motivation (motivasi nilai) dengan 25 pernyataan dan mempunyai 4 skala Likert, yaitu Sangat Setuju (4), Setuju (3), Kurang Setuju (2), dan Tidak Setuju (1). Hasil analisis data menunjukkan bahwa 45,7% mahasiswa motivasinya sangat baik dan 54,3% mahasiswa memiliki motivasi yang baik. Intrinsic motivation merupakan motivasi yang lebih dominan bagi mahasiswa dalam pembelajaran Biologi Molekuler, diikuti oleh grade motivation, self-determination, self-efficacy dan career motivation.

Full Text:

PDF

References


Anam, K., 2015. Pembelajaran berbasis inkuiri: Metode dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aşıksoy, G. and Özdamlı, F., 2016. Flipped classroom adapted to the ARCS model of motivation and applied to a physics course. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(6), pp. 1589-1603.

Britner, S. L., 2008. Motivation in high school science students: A comparison of gender differences in life, physical, and earth science classes. Journal of Research in Science

Teaching, 45(8), pp. 955-970.

Cetin-Dindar, A., 2016. Student motivation in constructivist learning environment. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(2), pp. 233-247.

Glynn, S.M., Brickman, P., Armstrong, N., and Taasoobshirazi, G., 2011. Science Motivation Questionnaire II: Validation with science majors and nonscience majors. Journal of Research in Science Teaching, 48(10), pp. 1159–1176.

Hamalik, O., 2001. Proses belajar mengajar.

Bandung: Bumi Aksara.

Kwon, H., 2016. Middle school students’ motivation for learning technology in South Korea. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(4), pp. 1033-1046.

Reid, G., 2009. Memotivasi siswa di kelas: Gagasan dan strategi. (Penerjemah: Hartati Widiastuti) Jakarta: PT. Indeks.

Salta, K., and Koulougliotis, D., 2015. Assessing motivation to learn chemistry: Adaptation and

validation of Science Motivation Questionnaire II with Greek secondary school students. Chemistry Education Research and Practice, 16, pp. 237-250.

Sarwono, S., 2013. Pengantar psikologi umum.

Jakarta: Rajawali Pers.

Schunk, D.H., Pintrich, P.R., and Meece, J.L., 2012: Motivasi dalam pendidikan: Teori, penelitian, dan aplikasi. (Penerjemah: Ellys Tjo). Jakarta: PT. Indeks.

Setiani, A. dan Priansa, D.J., 2015. Manajemen peserta didik dan model pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Setyosari, P., 2013. Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Edisi ketiga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto, A.H., 2012. Bahan ajar biologi molekuler. Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman, Semarang.

Winkel, W.S., 1996. Psikologi pengajaran (edisi yang disempurnakan, cet. 4). Jakarta: Grasindo.

Yuwono, T., 2010. Biologi molekuler. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v7i1.8618

Article Metrics

Abstract view : 869 times
PDF - 496 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Editorial Office of Jurnal Pendidikan Biologi Review:
Program Studi Magister Pendidikan Biologi,
Gedung Pascasarjana Lantai 4, Universitas Negeri Medan,
JL. Willem Iskandar Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara, Indonesia, 20221
+62-813-7604-4565 (Call/SMS/WA)
E-mail: jurnalpendidikanbiologi.unimed@gmail.com
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810