Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Search, Solve, Create, And Share pada Praktikum Mandiri Mata Kuliah Ekologi Hewan
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpb.v7i2.9317Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui efektivitas lembar kerja mahasiswa berbasis Search, Solve, Create, and Share pada mata kuliah ekologi hewan.Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. (1974). Penelitian ini diujicobakan di STKIP Tapanuli Selatan semester VB. Hasil penilaian ahli terhadap LKM berbasis SSCS menunjukkan LKM hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran dengan presentase aspek kelayakan memperoleh 76,96 %. Hasil uji coba menunjukkan bahwa LKM berbasis SSCS efektif dalam pembelajaran. Nilai rata-rata N-gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari pretest ke posttest. Rata-rata persentase keterampilan berpikir dan aktivitasmahasiswa berturut-turut yaitu 72,77% dan 74,87%. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKM berbasis Search, Solve, Create, and Share layak dan efektif diterapkan dalam mata kuliah Ekologi Hewan.References
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Ariyati, Eka. 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA Universitas Tanjungpura, 1(2) Tahun 2010.
Chen, Wen Haw. 2013. Applying Problem-Based Learning Model and Creative Design to Conic-Sections Teaching. International Journal of Education and Information Technologies, 3(7) Tahun 2013.
Chin, Christine. 1997. Promoting higher cognitive learning in science through a problem-solving approach. Journal National Institute of Education in Singapore, Vol. 1: 7-11
Choo, S. S. Y., J. I. Rotgans , E. H. J. Yew, & Henk G. Schmidt. 2011. Effect of worksheet scaffolds on student learning in problem-based learning. Health Science Education Article. Tersedia di http://springerlink.com/ [diakses 25-01-2014].
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gardner, Joel & B.R. Belland. 2012. A Conceptual Framework for Organizing Active Learning Experiences in Biology Instruction. Journal Science Education Technology, (2012) 21: 465“475.
Hasruddin & Salwa Rezeqi. 2012. Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri Sekabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 9(1) Tahun 2012.
Ibrahim, R & N. Syaodih S.. 2003. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Irwan. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create And Share (SSCS) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1) Tahun 2011.
Johan, Henry. 2012. Pengaruh Search, Solve, Create and Share (SSCS) Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Merumuskan dan Memilih Kriteria Pemecahan Masalah pada Konsep Listrik Dinamis. Jurnal Exacta Pendidikan Matematika dan Sains, 10(2): 140-142.
Khoirifah, S., E. Saptaningrum, & J. Saefan. 2013. Pengaruh Pendekatan Problem Solving Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Prosiding 2nd Lontar Physics Forum 2013. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta. Diva Press.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Rahardi, 2006. Paduan Lengkap Menulsi Artikel, Feature, Dan Esai. Tanggerang: Kawan Pustaka.
Rustaman, N., Soedjojo D., Siroso A. Y, Yusnani A., Ruchji S., Diana R., & Mimin N.K. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jakarta : Universitas Pendidikan Indonesia.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Pranada Media.
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardani, Sri. 2008. Pengembangan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Kromatografi Lapis Tipis melalui Praktikum Skala Mikro. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2): 317-322.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Penyerahan naskah menyiratkan bahwa karya yang diserahkan belum pernah diterbitkan sebelumnya (kecuali sebagai bagian dari tesis, laporan, atau abstrak). Naskah tidak dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Penerbitannya telah disetujui oleh semua penulis bersama. Jika dan kapan naskah diterima untuk publikasi, penulis masih memegang hak cipta dan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Penulis atau orang lain diperbolehkan untuk melipatgandakan artikel selama tidak untuk tujuan komersial. Untuk penemuan baru, penulis disarankan untuk mengelola patennya sebelum diterbitkan.
Open Access
Jurnal ini berkomitmen untuk membuka akses bebas yang tidak membebankan biaya kepada pembacanya atau lembaga mereka. Pembaca berhak membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel, selama tidak untuk tujuan komersial. Jenis lisensi adalah CC-BY-4.0.
Disclaimer
Tidak ada tanggung jawab yang dikenakan kepada Penerbit atau oleh editor untuk kesalahan dan/atau kerusakan pada naskah sebagai akibat dari pernyataan pencemaran nama baik atau dugaan pencemaran nama baik, pelanggaran hak kekayaan intelektual atau privasi, atau kewajiban produk, baik akibat kelalaian atau sebaliknya, atau dari penggunaan atau operasi ide, instruksi, prosedur, produk atau metode apa pun yang terkandung dalam materi di dalamnya.