PERCEPTIONS OF SPORTS AND HEALTH PHYSICAL EDUCATION TEACHERS IN THE INDEPENDENT CURRICULUM STUDY AT A CITY-WIDE PRIVATE HIGH SCHOOL PEMATANGSIANTAR
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Swasta se-Kota PematangSiantar.Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian yang diuraikan sebelumnya, bahwa penelitian ini dilakukan bermaksud untuk menemukan informasi tentang Persepsi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Swasta se-Kota PematangSiantar dengan teknik angket atau kusioner. Menurut (Sugiyono, 2017142) Kusioner merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara memberikan sebuah pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya.Dari hasil tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa persentase dan kategori yang didapat dari sampel penelitian, persentase yang didapat dari guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Swasta se-Kota Pematangsiantar yang memiliki nilai data mentah 355 dan data seharusnya 400 yang dimana mendapatkan hasil persentase 1 dengan kategori sangat baik. Hal tersebut didapat dari pembagian kusioner/angket yang berjumlah 20 butir pernyataan kepada 5 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang mengajar SMA Swasta se-Kota Pematangsiantar yang dimana 2 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Swasta Teladan Pematangsiantar, 2 guru di SMA Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar, dan 1 guru di SMA Swasta Kampus Nomensen Pematangsiantar.Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan teknik analisis data (Sutrisno 1981 : 1756) tentang Persepsi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Swasta se-Kota Pematangsiantar maka dapat disimpulkan hasil berada dalam kategori sangat baik dengan presentase 88,75% .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainia. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 03, 7.
Chahyanti, D. (2021). Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. Https://Www.Timesindonesia.Co.Id/Real/News/341708/Pembelajaran-Di-EraMerdeka-Belajar
Siswoyo, D., dkk. (2008). Pengantar Psikologi Lingkungan. Yogyakarta: Lembaga Penerbit Universitas Ahmad Dahlan.
Slameto. (2010). Belajara dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiharti, S. (2017). Multi Dimensi Kompetensi Profesionalisme Guru. Prosiding seminar nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan dan kebudayaan indonesia diera globalisasi, 25, 121-128
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUNTITATIF KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA. CV.
Sukintaka. (2004). Filosofi Pembelajaran, dan Masa Depan Teori Pendidikan Jasmani. Bandung: Nuansa.
Sukmana. (2003). Dasar-dasar Psikologi Lingkungan. Malang Bayu Media.
Sunanrni & Karyono, H (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal on Education, 5(20), 1619-1621
DOI: https://doi.org/10.24114/jpehsr.v1i2.52713
Article Metrics
Abstract view : 63 timesPDF - 51 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jonson Krismon Butar-Butar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Physical Education, Health and Sports Recreation (JPEHSR)
Email: pjkrfik@unimed.ac.id
Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Kode Pos 20221. Telpn / fax : (061) 661 3365 / +6285278021981.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License