UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGUNAKAN MEDIA BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS XI INGLANFOR SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpehsr.v2i2.65522Keywords:
Media Bola Gantung, Passing Bawah Bola Voli, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli melalui pendekatan bermain pada siswa kelas XI Inglanfor SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2023/2024, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Inglanfor yang berjumlah 34 orang siswa. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas XI Inglanfor SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, dari 34 siswa hanya ada 8 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata (23,52%) hasil belajar siswa. Hasil dari siklus I terdapat 28 siswa dari 34 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata (82,35%) hasil peningkatan belajar siswa dari yang sebelumnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengunakan media bola mengantung dapat memberikan paningkatan terhadap peroses belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI Inglanfor SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2023/2024.References
Ahmad Yanuar Syauki. (2020). Pengaruh Alat Modifikasi Bola Gantung Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli. Tulip (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 9(1), 41–48. https://doi.org/10.54438/tulip.v9i1.171
Darmawan, I. (2016). Penerapan Model Pktb Dan Pkdlb Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma NEGERI 2 MEDAN TA 2016/2017 (Doctoral dissertation, Unimed).
Farida, E., Widihastuti, W., & Istiyono, E. Developing a Google Form-based Instrument for Measuring the Spiritual Attitude of the Students Class XI. Jurnal pendidikan agama Islam, 19(2), 233-248.
Farida, E. (2010). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model TGT pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas IV MI Darussalam Blimbing Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010.
Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192
Indrakasih, Sinulingga, A., Lumbaraja, F., & Pasaribu, A. M. N. (2022). Development of test forms of down passing techniques in sensor-based volleyball games. Journal Sport Area, 7(2), 300–309. https://doi.org/10.25299/sportarea.2022.vol7(2).9012
Irwanto, E. (2016). Metode Pembelajaran Dan Modifikasi Bola Pada Proses Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 102–118.
Penelitian, J. (2022). All Fields of Science J-LAS. 2(4), 88–92.
Ppg, N., Pjok, P., & Makassar, U. N. (2023). Global Journal Sport Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Learning Artikel info Abstrak. 1, 204–211. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjs
Ritonga, D. A., Damanik, S., Damanik, S. A., & Priyambada, G. (2022). Development of learning variations to improve basic jumping skills and play approaches of elementary school students. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 10(02), 360-371.
Rostami, A., Letafatkar, A., Gokeler, A., & Tazji, M. K. (2020). The effects of instruction exercises on performance and kinetic factors associated with lower-extremity injury in landing after volleyball blocks. Journal of sport rehabilitation, 29(1), 51-64.
Satriya, Zikrur Rahmad, dan D. Y. P. (2020). Penerapan Media Bola Gantung Terhadap Minat Dan Hasil Passing Bawah Bola Volly Pada Siswa Kelas Vii Smpn 19 Percontohan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Sembiring, I. (2019). The Effect Of Circuit Games To Physical Fitness On 5th Grade Students Of Elementary School In Year 2015. Jambura Journal of Sports Coaching. 1(2), 63-72.
Sitorus Pane, B. (2014). Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Pemberian Gaya Mengajar Inklusi Pada Mahasiswa Jurusan Pko Reg. B Angkatan 2010 Fik-Unimed 2012. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(01), 66-78.
Valianto, B., Akhmad, I., Hariadi, Novita, Suharjo, & Nurkadri. (2023). The Impact of Implementing Games with Parental Support on Fundamental Movement Skills of Elementary School Students. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 11(3), 643–661. https://doi.org/10.46328/ijemst.3240
Valianto, B., Faridah, E., & Kasih, I. (2023). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Thematic Based PJOK Module Development. 7(2), 311–317.
Yusri, A. Z. dan D. (2020). No Title No Title No Title. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andri Johan Sinaga, Budi Valianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.