PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA SE KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Chevin Romualdo Naibaho Universitas Negeri Medan
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpehsr.v2i2.65523

Keywords:

Persepsi, Guru Pendidikan Jasmani, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Terhadap Kurikulum Merdeka di SMA se Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini persepsi diartikan sebagai pandangan guru terhadap Kurikulum Merdeka yang saat ini menjadi kurikulum di Indonesia. Penelitain ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Simalungun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan total sampel berjumlah 36 guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan variabel persepsi dan kurikulum merdeka yang dilakukan menggunakan skala likert. Hasil analisis penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan Persepsi Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Terhadap Kurikulum Merdeka di SMA se Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2024/2025 dalam kategori sedang atau cukup baik, sebesar 0% (0) guru memiliki persepsi sangat rendah, 52,8% (19 guru) memiliki persepsi rendah, 19.4% (7 guru) memiliki persepsi sedang, 11,1% (4 guru) memiliki persepsi tinggi dan 16,70% (6 guru) memiliki persepsi sangat tinggi.

References

Abdullah, A., & Hakim, M. A. (2022). Uniska Kediri Postgraduate Program Lecturers and Students’ Perceptions of Online Learning in the Era of the Covid-19 Pandemic. Prosiding Seminar, 94–106.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Bps.go.id. (2024). Intrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka, Lengkap dengan Contoh Kegiatannya. Bps.Go.Id. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/intrakurikuler/

Febriana, N. R. N., & Subagio, I. (2022). Status Kondisi Fisik Atlet Bola Basket 5X5 Putri Puslatda Jatim 100-Iv. Jurnal Prestasi Olahraga, 5(1), 11–20.

Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Islam, U., Sumatera, N., Medan, U., Willem, J., Pasar, I., Medan, V., Sei, K. P., Kabupaten, T., Serdang, D., & Utara, S. (2023). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu Abdul Fattah Nasution. Journal on Education, 05(04), 17308–17313.

Kemendikbud.go.id, pengelola wed. (2024). Kurikulum Merdeka dengan Berbagai Keunggulan. Pengelola Wed Kemendikbud.Go.Id. https://pskp.kemdikbud.go.id/berita/detail/313037/kurikulum-merdeka-dengan-berbagai-keunggulan

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Perdana, M. Y. (2021). Persepsi guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan terhadap merdeka belajar di sekolah dasar se- kapanewon tepus. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Pramudito, S., & Ikaputra, I. (2023). Pengalaman Indra dan Persepsi Manusia: Sebuah Kajian mengenai Sense of Place. Review of Urbanism and Architectural Studies, 21(1), 121–131. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2023.021.01.13

Priyambudi, G., Afrinaldi, R., & Fahrudin, F. (2023). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Tingkat SMK Se-Kabupaten Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 789–792. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1624

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Saputra, K. R., Arsa, I. P. S., & Ratnaya, I. G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada Mata Kuliah Pembangkit Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik …, 9(3), 193–202. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/23650

Setiawan, W., & Wisnu, H. (2019). Survei Peran Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Terhadap Terlaksananya Pendidikan Kesehatan Di SMP Se- Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 267–271. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/27489

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur.

Simbolon, M. (2007). Persepsi dan Kepribadian. Jurnal Ekonomis, 1(1), 52–66. https://doi.org/https://doi.org/10.58303/jeko.v1i1.516

Sita, N., & Nopembri, U. S. (2011). Pandangan Guru Pendidikan Jasmani Sma Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding. Nur Sita Utami Dan Soni Nopembri 48 JPJI, 8(1), 48–53.

Downloads

Published

2024-12-28