PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan aktivitas belajar siswa di SMP Plus Darul Ilmi Murni tentang ekosistem. Metode penelitian menggunakan quasi-eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas A yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas B yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi sebanyak 9 soal dalam bentuk uraian. Sedangkan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas belajar siswa digunakan lembaran format observasi. Teknik analisis data menggunakan Uji T (Independent Samples Test) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi pokok ekosistem kelas VII di SMP Plus Darul Ilmi Murni. Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri (83,70±11,211) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori (72,22±20,326) dengan thit =2,184, p= 0,037; (2) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajran inkiri terhadap aktivitas siswa pada materi pokok ekosistem kelas VII di SMP Plus Darul Ilmi Murni. Aktivitas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri (71,39±6,908) secara signfikan lebih tinggi dengan strategi pembelajaran ekspositori (49,99±8,482) dengan thit =8,835, p= 0,000.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Aktivitas Siswa, Strategi Pembelajaran Ekspositori
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 238 timesPDF - 208 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.