PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL)

Nanda Fridani, Hasruddin Hasruddin, Harun Sitompul

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA SD. Metode Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (Quasi Eksperimental Method) dengan dasar pelaksanaan penelitian adalah untuk membedakan pengaruh model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dan pengaruh model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat belajar tinggi dan minat belajar rendah yang kelas perlakuannya yaitu kelas VA menggunakan model PBL dan kelas VB menggunakan model Konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 066666 Perumnas Mandala Medan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar IPA dan angket untuk mengukur minat belajar siswa. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Varians (Anova). Hasil yang diperoleh bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan melalui nilai hasil belajar rata-rata yang diperoleh siswa pada kelompok yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mencapai 84,03, sedangkan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional mencapai 73,63. Minat belajar juga memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPA. Hasil belajar rata-rata yang diperoleh siswa pada kelompok yang memiliki minat belajar tinggi mencapai 83.85, sedangkan kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah hanya mencapai 73.81.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Konvensional, Minat Belajar, Hasil Belajar IPA


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 577 times
PDF - 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.