UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA SMP

Riniwaty Br Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada materi suhu dan perubahannya melalui metode demonstrasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas. Metode ini dilakukan dalam empat tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan (observasi) serta refleksi tindakan. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan mencatat hal- halyang terjadi, dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran IPA khususnya materi suhu dan perubahannya pada siklus I terdapat 17 orang siswa atau 66,66 % telah mengalami peningkatan hasil belajar (mencapai KKM) dengan nilai rata-rata 68,88. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,88 % atau 24 dari 27 siswa telah mencapai KKM.  Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,88 sedangkan postes siklus II terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata menjadi 78,88. Dari hasil itu sebagian besar siswa telah mencapai KKM sekolah yang telah ditentukan. Dengan demikian dari hasil analisa peneliti, bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi suhu dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil belajar, IPA, metode demonstrasi


Full Text:

PDF

References


Agustin, Ratu Umul Hazaain. (2015), Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Hantaran Panas Pada Benda di Kelas VI MI Ianatus sibyan Lebaksari Kota Bogor Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi S1 UIN Jakarta.

Andriyanto, Agus, Djotin dan Meylan, (2016), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa PadaMateri Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SDN 5Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo ”JurnalPenelitianTindakanKelas(kim.ung.ac.id/index.php/KIMPIF/…4324,2013.diakses pada hari selasa15 maret 2016.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. (2008), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PTBumi Aksara.

Daradjat, Zakiah, (1995), Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta :Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional, (2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Djamarah, Bahri Syaiful dan Aswan Zain, (2010), Strategi Belajar Mengajar, cetakan keempat, Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrahman, Pupuh dan Sobry Sutikno, (2007), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PTRefika Aditama.

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari, (2012), Strategi Pembelajaran Terpadu, cetakan pertama, Yogyakarta: Familia.

Jumali, dkk, (2013), Kreatif Ilmu Pengatahuan Alam kelas 4 untuk Sekolah Dasar, Jakarta, Duta.

Masitoh dan Laksmi Dewi, (2009), Strategi Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Ngalim, M. Purwanto, (2011), Psikologi Pendidikan, cetakan kedua puluh lima, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusiah, ST, (2012), “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Bangun Ruang Dan Hubungan Antar Bangun Datar” Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV MI Assyairiyah Attahiriyah, Skripsi S1 UIN Jakarta.

Sanjaya, Wina, (2010), Strategi Pembeljaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana.

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas, (2008), Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad, (2013), Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.

Syah, Muhibbin, (2006), Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin, (2005), Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahdania, (2016), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 9 Mamboro Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Demonstrasi ”Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ESE/article. Diakses pada hari Senin 14 November 2016.


Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.