Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan

Heni Nathali Rosa Sibarani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan desain Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 11 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-6 (kelas eksperimen) dengan model pembelajaran PBL dan kelas VIII-7 (kelas kontrol) tanpa model pembelajaran PBL. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan uji-t. Data rata-rata pretest dan posttest kemampuan kognitif pada kelas eksperimen adalah 33,6 dan 83 dan pada kelas kontrol 33,8 dan 78,3. Berdasarkan uji hipotesis, untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 4,1308 dan ttabel = 2,0017, karena thitung > ttabel maka disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan satu sampai pertemuan tiga mengalami peningkatan dengan rata rata-rata persentase akhir aktivitas siswa kelas eksperimen adalah 63,62% dan kelas kontrol adalah 58,73%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan.

Full Text:

PDF

References


Angarini, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 1 LEDO. (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.

Astriani, H., Ramdiah, S., & Mayasari, R. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Banjarmasin Pada Materi Ketergantungan Dalam Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(2), 83–92.

Azizah, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Margasari: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 1-12.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252.

Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 79-88.

Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Anisa, L. N., Widodo, D. K., Kusumaningtyas, R. C., Septiani, F. D., Putri, O. D., Wijaya, A. T., & Savitri, S. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis, Keaktifan, Dan Hasil Belajar Siswa. Numbers: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 56–63.

Ningsih, S. A., Rahman, N. A., & Muhammad, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate Pada Konsep Gerak. Saintifik@ Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), 37–42.

Nugroho, W. (2021). Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Video YouTube Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 211-226.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Salam, M. (2020). WhatsApp: Kehadiran, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 198-212.

Saputra, H. N., Abdulkarim, A., & Fitriasari, S. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Abad Ke-21 Di SMP Daarut Tauhiid Boarding School. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(02), 86-96.

Saraswati, A., Meilana, S. F., Utami, S., Artiani, L.E., Wahyuningsih, S., Jalal, N. M., Syamiya, E. N., Wahab, A. Y. L., Rahmiati, D., Shalahudin, M. I., Suryadin, A., Nihaya, M., Nur, J., & Rifai, M. H. (2022). Tantangan Pendidikan Di Era Digital 5.0. Jawa Barat: Yayasan Wiyata Bastari Samasta.

Sari, T. L., & Koeswanti, H. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 3(2), 153-159.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88-98.


Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot