Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Angarini, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 1 LEDO. (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.
Astriani, H., Ramdiah, S., & Mayasari, R. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Banjarmasin Pada Materi Ketergantungan Dalam Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(2), 83–92.
Azizah, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Margasari: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 1-12.
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252.
Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 79-88.
Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Anisa, L. N., Widodo, D. K., Kusumaningtyas, R. C., Septiani, F. D., Putri, O. D., Wijaya, A. T., & Savitri, S. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis, Keaktifan, Dan Hasil Belajar Siswa. Numbers: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 56–63.
Ningsih, S. A., Rahman, N. A., & Muhammad, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate Pada Konsep Gerak. Saintifik@ Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), 37–42.
Nugroho, W. (2021). Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Video YouTube Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 211-226.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Salam, M. (2020). WhatsApp: Kehadiran, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 198-212.
Saputra, H. N., Abdulkarim, A., & Fitriasari, S. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Abad Ke-21 Di SMP Daarut Tauhiid Boarding School. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(02), 86-96.
Saraswati, A., Meilana, S. F., Utami, S., Artiani, L.E., Wahyuningsih, S., Jalal, N. M., Syamiya, E. N., Wahab, A. Y. L., Rahmiati, D., Shalahudin, M. I., Suryadin, A., Nihaya, M., Nur, J., & Rifai, M. H. (2022). Tantangan Pendidikan Di Era Digital 5.0. Jawa Barat: Yayasan Wiyata Bastari Samasta.
Sari, T. L., & Koeswanti, H. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 3(2), 153-159.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.
Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88-98.
Article Metrics
Abstract view : 50 timesPDF - 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.