PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN STRATEGI BIOEDUTAIMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X IPA DI SMA PERGURUAN UTAMA MEDAN TP 2023/2024.

Reza Octavia, Dina Handayani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Strategi Bioedutaiment Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Ekosistem Kelas X IPA di SMA Perguruan Utama Medan . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk quasy eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA di SMA Perguruan Utama Medan dengan jumlah 2 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen X IPA 1 dan kelas kontrol X IPA 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen tes dan angket. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata motivasi belajar pada kelas eksperimen sebesar 86,00 dan kelas kontrol sebesar 65,8. Analisis data pada penelitian menggunakan Paired Sample t-Test dengan bantuan softwere SPPS 29.0.2 diperoleh nilai sig.0,000 < 0,05. Sedangkan pada analisis data hasil belajar diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,00 dan kelas kontrol sebesar 68,17. Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Strategi Bioedutaiment berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada Materi Ekosistem Kelas X IPA di SMA Perguruan Utama Medan TP 2023/2024.

Kata Kunci : Pjbl, Bioedutaiment, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Ekosistem


 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, N., & Nazip, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran GroupInvestigation Menggunakan Strategi Bioedutainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi,11(1),297–394.https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7399

Aly, I.B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII MTs. Al-Farabi Wasilei Selatan Kabupaten Hal Mahera Timur. Journal of Biology Education and Science, 2(1), 25–35.

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutaiment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan,7(2),145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta : Rineka Cipta

Aryana, I. M. P. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.931

Astuti, D. I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 213. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i03.6688

Budiariawan (2019) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 3(2), 103– 111.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2) –172.

Fahrurrozi, M., & Mohzana, Z. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoretis dan Praktik Jakarta : Rineka Cipta

Herawati, Y. (2020). Memahami proses belajar anak. Journal lmu Pendidikan. 4(2), 27–48.

Kurniawan, F., Erita, Y., Syahrir, D., Qhairum, V., & Utami, N. (2022). The Influence of Students ’Environment on Students’ Learning Motivation. Jurnal Pembelajaran Digital. 1(8), 297–305.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249-257.

Nana Sudjana (2010). Dasar- dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung.

Ningsih, R. D., Jamilah, J., Zulkarnaim, Z., & Rijal, M. (2023). Bioedutainment-Based Jenga Board Game: A Learning Media Development for Human Digestive System Material. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(1), 53–65 https://doi.org/10.24042/biosfer.v14i1.16232.

Nuri, L., Naddir, M. Y., Nur, S., Sari, I., Manajemen, F., & Islam, P. (2022). Teori Belajar dan Strategi Belajar. Journal of Social Research. 1(8), 916–921.

Nuryasana & Desiningrum, (2020) Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(5), 967– 973.

Ngabekti, S., Santoso, K Priyono B., & Endang, S. M. (2006). Penerapan Model Investigasi Kelompok Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Materi Makhluk Hidup dan Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(1), 48–63.

Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 27. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4144.

Partjuma, A. H., Roini, C., & Nasichah, A. Z. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Biologi Edutaiment Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Islam Jailolo. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 157–164.

Pratama F.,Firman.,Neviyarni.(2019) Pengaruh Motivasi Belajar SiswaTerhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan 1 (3), 280–286.

Prasetyaningtyas, S., & Semin, S. M. P. N. (2020). Pelaksanaan Belajar Dari Rumah ( BDR ) Secara Online Selama Darurat Covid -19 Di SMP N 1 SEMIN. 5(1), 86–94.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Pt. Remaja Rosdakary.

Putri, S. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Pendekatan Science Edutainment Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pelajaran IPA Di Sekolah . Jurnal Bioedukasi 2(2), 1–5. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/4n65q.

Rahayu, A., Sariyatun, S., dan Suryani, N. (2020). The Implementation of Group Investigation with Audio Visual Learning Media to Improve Student`s Learning Achievement and Student`s Attitude of Love the Homeland on Social Science Learning in Sambirejo 2 Junior High School. Yupa: Historical Studies Journal, 2(2), 90-104.

Rahman, Sunarti. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Riadi, E., (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Silitonga, P. M. (2011). Teori dan Aplikasi dalam Penelitian. Medan: FMIPA Unimed

Slameto (2010) Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sma, S., & Tauro, N. (2020). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar,2(1), 13–22.

Subakti, H., Handayani, E. S., Widya, U., & Mahakam, G. (2020). Jurnal basicedu. 2(1), 10-30

Supriani, Y. (2020). Upaya meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran, 1(1), 1–10.

Taluke, D., Lakat, R. S., & Sembel, A. (2019). Analisis preferensi masyarakat dalam pengelolaan ekosistem mangrove di pesisir pantai kecamatan loloda kabupaten halmahera barat. Spasial, 6(2), 531–540.

Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2) 23105.


Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.