PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CAMTASIA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF

Pudjiantoro Pudjiantoro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran dengan aplikasi camtasia yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D models (Four D) dengan tahapan yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba yaitu siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat Program Studi Teknik Kendaraan Ringan. Data dikumpulkan melalui angket dan metode tes jenis multiple choice. Temuan dari penelitian penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut: (1) validitas media pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif  dinyatakan valid dengan skor 0,89 (2) Praktikalitas media pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif  dinyatakan praktis berdasarkan respon guru dengan skor rata-rata 88,75%, berdasarkan respon siswa juga dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 99,9%. (3) Efektivitas media pembelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif  dapat dilihat dengan hasil pengolahan data diperoleh hasil belajar siswa yang telah diketahui ini, dianalisis dengan analisis t test. Hasil analisis t test menunjukkan t hitung > t Tabel (20,02>1,67), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan Media pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif di SMK Negeri 1 Stabat.

 

 

Kata Kunci:  Media Pembelajaran, Research and Development  (R&D),Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas.


Full Text:

PDF

References


Andi kristanto, 2011. Analisis dan Desain.Yogyakarta: Andi.

Buckley and Caple.2004.They Theory & Practice of Training Kogan Page; 6th Revised edition.

Permendiknas No 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.