PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN LAS BUSUR DASAR METAL MANUALBERBASIS E-BOOK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MEDAN
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkap kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul berbasis e-Book agar layak digunakan dilapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini: (1) Menghasilkan sebuah modul berbasis e-book untuk mata pelajaran Las Busur Dasar Metal Manual (2) Validitas modul berbasis e-Bookdinyatakan valid pada aspek materi di dalam modul dengan total nilai validitas adalah 0,99 pada aspek format modul dinyatakan valid dengan total nilai 0,94, dan pada aspek penyajian modul dinyatakan valid dengan total nilai 0,97 (3) Praktikalitas modul berbasis e-Book berdasarkan respon dosen dinyatakan sangat praktis dengan total nilai 92,50% dan berdasarkan respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan total nilai 93,59% (4) Efektifitas modul berbasis e-Book dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Disimpulkan bahwa modul berbasis e-Book ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Las Busur Dasar Metal Manual.
Kata Kunci: Modul Berbasis e-Book, Hasil Belajar, Validitas, Praktikalitas, Efektivitas
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. ,. (2013). Reabilitas dan Validitas (4th ed.). Yogyakarta, IN: Pustaka Pelajar Offset.
Borg, W. &V Gall, M.D. (1983). Educational research. An introduction (4nd ed). New York & London: Longman
Chandra, H. (2003). 36 Jam Belajar Komputer Dasar-Dasar Las busur dasar manual 2000. Jakarta. Alex Media Komputindo.
Calhoun, C.C. dan Finch, A.V. 1982. Vocational Education : Concept and Operations. California : Wads Worth Publishing Company.
Dalyono, M. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Dick, W. dan Carey, L. (1996). The Systematics Design Of Instruction. New York : Longman
Europa Lehrmittel, Fachkunde Metall, Nourmy, Vollmer GmbH & Co.
Gagne .1985. The Cognitive Psychology of School Learning. Boston: Little Brown.
Article Metrics
Abstract view : 288 timesPDF - 355 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.