PENGEMBANGAN MULTI MEDIA ANIMASI DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO

Syahrul Efendi

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa Multi Media Animasi yang valid, praktis, dan efekti. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Instructional Development Institude (IDI) yang meliputi tiga tahap yaitu (1) define, (2) develop, dan (3) evaluate. Subjek uji coba yaitu siswa kelas XI Teknik audio Video SMK Negeri 4 Medan dengan jenis data yaitu data primer. Data dikumpulkan melalui angket dan  metode tes. Temuan penelitian menyatakan bahwa Multi Media Animasi Pada Pembelajaran Perekayasaan Sistem Audio dalam katagori sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Sehingga diharapkan dapat digunakan oleh guru dan siswa serta peneliti lain untuk melakukan pengembangan hal yang serupa.

 

Kata kunci: Multi Media Animasi, Perekayasaan Sistem Audio, Research and Development, Instructional Development Institude, Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas.


Full Text:

PDF

References


Adri, M. 2008. Flash – Case on Teks Animation. http:ilmukomputer.com

Akker, J. V. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Ali, M. (2009). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata pelajaran Perekayasaan Sitem Audio Medan Elektromagnetik”. Vol 5, No 1 (2009), 11-18.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas.

Dwi, S. ,. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Mx (Studi Kasus Mata Kuliah Pengolahan Citra Pada Jurusan S1 Sistem Informasi), 1(2012), 6. Retrieved from http://publication.gunadarma.ac.id/handle/123456789/2921

Fathiyati, R., & Utami, R. P. (2012). “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA/MA Kelas XI Semester 2 Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia”. Prosiding Seminar Nasional Biologi. Solo: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret.

Gagne, Robert M, dan Briggs, Leslie J. 1979. Principles of instructional design. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Gafur, A. (2014). Pedoman khusus penyusunan materi pembelajaran (Instructional matrials). Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Mulyasa H. E. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Munir, P. D. (2013). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya”. Jurnal Pendidikan Fisika (2013) Vol.1 No.1, 11.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rusman, D. M., Deni Kurniawan, D. M., & Cepi Riyana, M. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarwiko, D. (2010). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Makromedia Director MX (Study Kasus Mata pelajaran Perekayasaan Sitem Audio Pengolahan Citra pada Jurusan S1 Sistem Informasi)”. Gunadarma Graduate Computer-Science Article .

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, M. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.