PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI MEKANISME KATUP PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN

Henry Iskandar

Abstract


Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model Instruksional Development Institute (IDI) dengan tahapan yaitu perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Metode eksperimen Posttest-Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Stabat dengan responden yang berjumlah 58 orang yang terdiri dari dua kelas penelitian yang sudah diuji homogenitasnya diawal sebelum perlakuan. Penelitian pengembangan ini menggunakan analisis data uji t-test. Data dikumpulkan melalui angket dan metode tes. Temuan penelitian menyatakan bahwa Media Pembelajaran Animasi pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dalam katagori valid, praktis, dan efektif. Implikasi penelitian bahwa dengan media pembelajaran animasi siswa lebih mudah memahami materi, dan dapat meningkatkan hasil belajar pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan.

 

 

Kata Kunci:  Media Pembelajaran Animasi, Research and Development  (R&D), Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Bina Aksara.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asnawir dan Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.

Gagne. 1985. The Cognitive Psychology of School Learning. Boston: Little Brown.

Ngalim, Purwanto, 2009. Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suartama, I Kadek. 2010. Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudjana, 1990. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.

Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengaja. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Suryosubroto. 1990. Tatalaksana Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2013. Jakarta.

Purnawan, Haryadi, Dedi Rohendi, Detri Fewana, Sudaryono. 2013. Pengembangan Multimedia Animasi Mekanisme Komponen Pneumatik. Jurnal Penelitian pendidikan dan Kejuruan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahyu Rizal Gustria Permana, Tri Rijanto. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Diklat Memasang Sistem Pentanahan Instalasi Listrik Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Competition (CIRC) di SMK N 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro UNESA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Wati, Unik Ambar. 2010. Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.