EFEKTIVITAS PELATIHAN MAKE DREAM COME TRUE TERHADAP KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER PADA SISWA SMA
Abstract
Siswa SMA mengalami permasalahan dalam mengambil keputusan mengenai karier. Kebingungan ini muncul salah satunya karena tidak memiliki kemampuan perencanaan karier yang baik. Persiapan pendidikan lanjutan perlu dilaksanakan secara efektif dan efisien sehingga sekolah memiliki peran penting dalam mengedukasi siswa mengenai karier. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier adalah pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah modul Make Dream Come True meningkatkan kemampuan perencanaan karier. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Pelatihan ini meliputi pemberian materi karier, pengenalan bakat dan minat, cita-cita, dan cara membuat perencanaan karier. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA berusia 15 sampai dengan 17 tahun di Denpasar yang diperoleh dengan melakukan two stages cluster sampling. Subjek berjumlah 10 orang. Subjek diberikan pre-test berupa skala kemampuan perencanaan karier. Kemudian, subjek diberikan perlakuan berupa pelatihan Make Dream Come True berdurasi 9 jam. Setelah itu, subjek diberi post-test berupa skala kemampuan perencanaan karier. Hasil uji hipotesis dengan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan nilai signifikansi selisih pre-test dan post-test pada kelompok subjek sebesar 0.001 yang kurang dari 0.05 (p<0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan Make Dream Come True meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa SMA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akmal, S. Z. 2019. Faktor-faktor yang Menentukan Kebimbangan Karier pada Siswa SMA Kelas XII. Jurnal Psikologi. Vol. 18, No. 1, 1-12.
Arulmani, G., Bakshi, A. J., Leong, F. T. L., & Watts, A. G. 2014. Handbook of Career Development: International Perspectives. New York: Springer.
Brown, S. D., & Lent, R. W. 2013. Career Development and Counseling (Putting Theory and Research to Work) Second Edition. New Jersey: John Wiley & Sons.
Coleman, H. L. K., & Yeh, C. 2011. Handbook of School Counseling. New York: Routledge.
Conley, D. T. 2010. College and Career Ready. San Francisco: Jossey-Bass.
Dalimunthe, H. L. 2017. Pelatihan “Masa Depanku” untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMA Negeri X Yogyakarta. Kognisi Jurnal. Vol. 1, No. 2, 153-164.
Gibson, L. R., & Marriane, M. H. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Istriyanti, N. L. A., & Simarmata, N. 2014. Hubungan antara Regulasi Diri dan Perencanaan Karir pada Remaja Putri Bali. Jurnal Psikologi Udayana. Vol. 1, No. 2, 301-310.
Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. 2015. Perbedaan Adaptabilitas Karir Ditinjau dari Jenis Sekolah (SMA dan SMK). Empathy Jurnal Fakultas Psikologi. Vol. 3, No. 1, 31-41.
Maree, K. & Fabio, A. 2015. Exploring New Horizons in Career Counselling. Rotterdam: Sense Publishers.
Maree, K. 2017. Psychology of Career Adaptability, Employability and Resilience. New York: Springer.
Marpaung, D. N., & Yulandari, N. 2016. Kematangan Karir Siswa SMU Banda Aceh Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenis Sekolah. Jurnal Psikoislamedia. Vol. 1, No. 2, 311-324.
McMahon, M., & Watson, M. 2015. Career Assessment. Rotterdam: Sense Publishers.
Morhart, L. 2009. Career Planning with Teens (A Guide for Parents, Guardians, and Counsellors). Prince Albert Catholic Schools.
Niles, S. G., & Harris-Bowlsbey, J. 2017. Career Development Interventions 5th Edition. USA: Pearson Education, Inc.
Patton, W., & McMahon, M. 2014. Career Development and Systems Theory Connecting Theory and Practice Third Edition. Rotterdam: Sense.
Putrantya, D. D. P. 2008. Efektivitas Program Bimbingan Karier “Kutahu yang Kumau” untuk Meningkatkan Kematangan Vokasional Remaja. (Skripsi). Yogyakarta: UGM.
Santrock, J. W. 2014. Adolescence Fifteenth Edition. New York: McGraw-Hill Education.
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v18i1.27818
Article Metrics
Abstract view : 576 timesPDF - 400 times
Copyright (c) 2021 Eunike Evangelista Hiandarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.