Author Gudelines

Naskah harus asli, belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain, dan redaksi berhak mengedit tulisan tanpa izin penulis. Naskah ditulis dengan ketentuan sebagai berikut:

a)      Naskah harus diketik dengan Ms Word.

b)      Naskah disertai dengan abstrak (dalam bahasa Indonesia/Inggris) diketik dengan theme font Times New Roman ukuran 10, spasi 1, tidak melebihi 250 kata dan disertai dengan kata kunci yang dapat digunakan untuk penelusuran.

c)      Naskah harus diterima oleh staf redaksi dalam bentuk hard copy ke alamat redaksi (Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP Universitas Negeri Medan Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate KP. 20221 Tlp/Fax 061-6636753)  dan soft copy  melalui email rafaelginting@gmail.com.

d)      Naskah diketik dengan theme font Times New Roman ukuran 12 dengan 1.5 spasi pada kertas A4 maksimal 15 halaman dengan page set up dua kolom.

e)      Artikel adalah merupakan laporan hasil penelitian asli dalam bidang psikologi dan/atau konseling yang tersusun dalam urutan: Judul, Nama penulis beserta alamat email dan Instansi penulis, Abstrak, Pendahuluan, Kajian Pustaka, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Penutup berisi Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka.

f)       Kutipan dan unit hasil ukur harus disesuaikan dengan sistem internasional

g)      Tinjauan pustaka berisi artikel review mengenai segala aspek dalam bidang psikologi dan konseling yang didasari kepustakaan mutakhir. Isi artikel tersusun dalam urutan: Judul, Nama penulis beserta alamat email dan Instansi penulis, Abstrak, Pendahuluan, Pembahasan, Penutup berisi Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka.

h)      Tabel, grafik, gambar dan bagan diberi urutan numerik, seperti: tabel 1, dst; gambar 1 dst; grafik 1, dst; serta bagan 1, dst. Judul tabel dan grafik diletakkan di atas tabel atau grafik, sedangkan judul gambar dan bagan diletakkan di bawah gambar atau bagan, menggunakan theme font Times New Roman ukuran 10, spasi 1.

i)       Rujukan yang ditulis pada daftar pustaka hanya rujukan yang dikutip dalam teks artikel. Daftar pustaka diketik dengan spasi 1 dan disusun berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Contoh rujukan:

  1. 1.      Artikel dalam Jurnal

Carr, M., John G.B & Scott E.M. 1991. Motivational Components of Underachievement. Journal of Developmental Psychology. Vpl. 27, No.1, 108-118

  1. 2.      Buku dan Monografi lain

Deborah S. 2003. Motivation to Learn (Integrating Theory and Practice). Boston: Allyn and Bacon.

Hamid M. A. Et al. 2012. Putusan Mahkamah konstitusi Liberal. Fajar, Februari 22; Opini hal. 4.

  1. 3.      Skripsi/Tesis/Desertasi

Lisinus, Rafael. 2012. Efektivitas Role Playing dalam Menanggulangi Perilaku Bullying Siswa. (Tesis). Bandung: UPI

  1. 4.      Media Elektronik

Stacey W. N. 2004. Rice mill feed as a replacement for broiler in diets for growing beef cattle. Diakses 17 Januari 2015. Available from: http://www.jas.org/misc/043.html