Efektivitas Penggunaan Teknik Cooperative Integreted Reading and Composition terhadap Peningkatan Hasil Belajar Membaca Cerpen Siswa Kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan Marelan Tahun Pembelajaran 2009/2011

Samroh Annisya Manalu

Abstract


Siswa  dikatakan  berhasil  membaca,  jika  dapat  memahami  pesan  yang  disampaikan
pada tulisan. Membaca bukanlah hanya sekedar mengeja dan mengenal kata-kata, tetapi jauh
lebih  dalam  lagi,  yaitu  dapat  memahami  gagasan  yang  disampaikan  melalui  lambang-lambang bunyi yang ada.
Berdasarkan  kompetensi  dasar  yang  harus  dicapai  pada  materi  Bahasa  Indonesia  di
kelas  VII  yang  menyatakan,”Siswa  memiliki  kemampuan  menanggapi  bacaan  cerpen”.
Menjadi  acuan  peneliti  untuk  mengetahui  sejauh  mana  kemampuan  siswa  tersebut  untuk
menanggapi  sebuah  bacaan  cerpen  tersebut. Permasalahan dalam  penelitian  ini adalah
bagaimana efektivitas penggunaan teknik Cooperative Integreted Reading And Composition
dalam pembelajaran membaca cerpen.
Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.232

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Samroh Annisya Manalu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.