Efektivitas Penggunaan Teknik Cooperative Integreted Reading and Composition terhadap Peningkatan Hasil Belajar Membaca Cerpen Siswa Kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan Marelan Tahun Pembelajaran 2009/2011
Abstract
Siswa dikatakan berhasil membaca, jika dapat memahami pesan yang disampaikan
pada tulisan. Membaca bukanlah hanya sekedar mengeja dan mengenal kata-kata, tetapi jauh
lebih dalam lagi, yaitu dapat memahami gagasan yang disampaikan melalui lambang-lambang bunyi yang ada.
Berdasarkan kompetensi dasar yang harus dicapai pada materi Bahasa Indonesia di
kelas VII yang menyatakan,”Siswa memiliki kemampuan menanggapi bacaan cerpen”.
Menjadi acuan peneliti untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa tersebut untuk
menanggapi sebuah bacaan cerpen tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana efektivitas penggunaan teknik Cooperative Integreted Reading And Composition
dalam pembelajaran membaca cerpen.
Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.
pada tulisan. Membaca bukanlah hanya sekedar mengeja dan mengenal kata-kata, tetapi jauh
lebih dalam lagi, yaitu dapat memahami gagasan yang disampaikan melalui lambang-lambang bunyi yang ada.
Berdasarkan kompetensi dasar yang harus dicapai pada materi Bahasa Indonesia di
kelas VII yang menyatakan,”Siswa memiliki kemampuan menanggapi bacaan cerpen”.
Menjadi acuan peneliti untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa tersebut untuk
menanggapi sebuah bacaan cerpen tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana efektivitas penggunaan teknik Cooperative Integreted Reading And Composition
dalam pembelajaran membaca cerpen.
Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.232
Article Metrics
Abstract view : 144 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Samroh Annisya Manalu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.