KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Azura Azura, Arif Syamsul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018 berjumlah 327 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak yaitu dengan menggunakan teknik cluster random sampling peneliti memiliki satu kelas yang akan dijadikan sampel, yaitu kelas VII-4 yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018dikategorikan cukup dengan memperoleh nilai 69. Kemampuan menentukan struktur teks  prosedur siswa tergolong baik dengan rata-rata 75.Kemampuan mengembangkan ciri kebahasaan  teks  prosedur siswa tergolong cukup dengan rata-rata 67. Kemampuan menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis teks prosedur siswa tergolong sangat kurang dengan rata-rata 54.

Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan siswa dalam menulis teks prosedur dipengaruhi oleh kemampuan siswa menggunakanstruktur teks, ciri kebahasan dan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dengan baik pada teksnya.

 

Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Prosedur


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v6i1.7669

Article Metrics

Abstract view : 4894 times
PDF - 1272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Azura Azura, Arif Syamsul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.