KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII MTs NURUL KHAIRIYAH SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Rizky Fadhilah Sari, Fitriani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis naskah drama berdasarkan unsur-unsur naskah drama oleh siswa kelas VIII MTs Nurul Khairiyah Sei Tuan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Khairiyah tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 siswa. Sampel diambil 20 siswa dari populasi secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif-deskriptif. Data dari penelitian dianalisis dengan menggunakan setiap unsur naskah drama dari naskah drama yang menjadi indikator penilaian pada penelitian ini.  Bentuk latihan yang dilakukan berupa tes menulis naskah drama satu babak. Dari 20 siswa yang diteliti diperoleh data-data penilaian untuk setiap aspek  yaitu aspek tema sebesar 78 (berada pada kategori baik), aspek alur sebesar 72,3 ( berada pada kategori baik), aspek penokohan sebesar 70 (berada pada kategori baik), aspek dialog sebesar 69,3 (berada pada kategori cukup), aspek latar sebesar 65,6 (berada pada kategori cukup), aspek amanat sebesar 71,6 (berada pada kategori baik), dan aspek petunjuk teknis sebesar 36 (berada pada kategori kurang).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII MTs Nurul Khairiyah tahun pembelajaran 2016/2017 sebesar 67,6 yang dapat dikategorikan cukup.

Kata kunci: Deskriptif Kuantitatif, Menulis, Naskah Drama


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v6i2.7676

Article Metrics

Abstract view : 395 times
PDF - 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Rizky Fadhilah Sari, Fitriani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.