Studi Komperatif Analisis UU Transportasi Konvensional dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 di Kota Medan

Sri Wahyuni, Fitri Andriyani, Dedek Andriani, Liber Siagian

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Desa, Sei Kera Hilir I Jalan Pimpinan Nomor 70 Medan Perjuangan. Penulis ingin mengetahi tentang adakah dampak yang terjadi antara UU transportasi konvensional dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017  dalam kenyamanan berlalu lintas pada masyarakat di Desa, Sei Kera Hilir I Jalan Pimpinan Nomor 70 Medan Perjuangan. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Dimana penggalian data menggunakan instrumen angket, dan studi pustaka, pengambilan sampel diambil secara acak (random Sampling). Variabel penelitian ini adalah variabel tunggal. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa untuk mengakses transportasi online lebih mudah dibandingkan transportasi Konvensional yang dilihat dari angka persentasi lebih tinggi.


Keywords


Transportasi Online, Transportasi Konvensional, Kenyamanan, Keamanan.

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, R. (2010). Dasar-Dasar Ekonomi Transportasi. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Amajida, D.F. (2016). Kreativitas Digital Dalam Masyarakat Risiko Perkotaan. Studi Tentang Ojek Online Gojek diJakarta. Dalam Jurnal Volume 46 Nomor 1

Bustomi, F. (2013). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Trayek Lyn Merah Jurusan Sukodadi-Paciran Kabupaten Lamongan Berdasarkan Kepuasan Pelayanan. Dalam Jurnal Teknika Vol. 5 No 2.

Gunardo. (2014). Geografi Transportasi. Yogyakarta : Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).

Hairulsyah. (2006). Kajian Tentang Transportasi di Kota Medan dan Permasalahannya. Dalam Jurnal Perencanaan dan Pengembangan Wilayah Wahana Hijau. Volume 1 Nomor 3.

Pinayungan, J. Kusmanto, H. & Isnaini. (2018). Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Tentang Standar Keselamatan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jurnal Administrasi Publik. 8 (1): 108-123.

Prihatin, B.R. (2016). Dampak sosial Transportasi Berbasis Online. Vol. VIII, No. 07/I/P3DI/April.

Salim, A. (2000). Manajemen Transportai. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sulistyowati, (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada mahasiswa dan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. Epigram Vol. 13 No 2.




DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.10069

Article Metrics

Abstract view : 526 times
PDF - 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal Of Social and Cultural Anthropology)
Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara dan Email: anthropos@unimed.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460 4585 (Print), ISSN: 2460 4593 (Online)