Konseling Lintas Budaya dan Agama (Nilai-Nilai pada Masyarakat Suku Batak dalam Melakukan Pendampingan terhadap Disabilitas)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agila, S. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat, Metode Pembelajaran Dan Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Katahati.
Ayu, R. (2009). Menu Ibu Hamil, Mencegah Bayi Lahir cacat, Jakarta, Pustaka Mina.
Bandi, D. (2006). Pembelajaran Anak Berkrbutuhan Khusus, dalam sentting Pendidikan Inklusi, PT. Refika Aditama, Bandung.
Creswell, J.W., (2016). Research Desaign: Pendekatan Metode Kuallitatif, Kuantitatif, dan Campuran, (Terjemahan) Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Donna, A.J. & Ann Craston-Gingras. (1991). “Sensitizing Counselors and Educators to Multicultural Issues: An Interactive Approach”. Journal of Counseling and Development. (70), 2.
Effendi, O.U, (1993). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Engel, J.D, (2018). Konseling Masalah Masyarakat, Yogyakarta: Kanisius.
FIB-UPI, (2007). Ilmu & Aplikasi Pendidkan, Tim Pengembangan Imu Pendidikan, Pendidikan Lintas Bidang, Jakarta: PT. Imperial Bhakti Utama.
Gunawan, C, (2016). Materi Pengajaran, Pendidikan Agama Kristen Protestan, Medan: Unimed.
Harahap, B.H. & Siahaan, H.M. (1987). Orientasi nilai-nilai budaya Batak Toba: suatu pendekatan terhadap perilaku Batak Toba dan AngkolaMandailing. Jakarta: Sanggar Willem Iskandar.
Husaini, U. & Purnomo, A.S. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
J. McCarthy, J. and McMcCarthy, J.F, (1973). Learning Disabilities, Boston-America.
Koetjaraningrat, (1997). Manusia dan kebudayaan di Indonesia, Yogyakarta: Djambatan.
Masyur, E, (1993). Hak Asasi Manusia Dalam Hukum Nasional Dan Internasional, Ghalia Indonesia, Bogor.
Materi Pengajaran, (2005). Pendidikan Agama Kristen Protestan Untuk Perguruan Tinggi, UNIMED, Medan
Prasasty, S. Konseling Lintas Budaya, Surakarta: Universitas Tunas Pembanguan, ejournal.utp.aci.id (4)2, 88-99.
Safrudin, A. (2014). Perpustakaan Rumah Difabel, AR-RUZZ MEDIA, Jogyakarta,
Setiawan, Y.B., (2015). Teologi Disabilitas, Hand -Out, Fakultas Teologi, Salatiga: UKSW.
Siahaan, P. (2013). Arti kata “memanusiakan manusia, bukanlah diartikan secara harafia. www.kompasiana.com diakses 9 Mei 2019.
Simanjutak, B.A, (2016). Struktur Sosial dan Sistem Politik Batak Toba hingga 1945, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sinaga, F.G. (1986) Pedoman Guru Ilmu Pengetahuan Sosial, Untuk Sekolah Luar Biasa Bagian C Tingkat D 6., Jakarta: CV. Karya Sejahtera.
Sutirna, (2013). Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Sutirna, H. (2013), Perkembangan Dan Pertumbuhan Peserta Didik, Andi Offset, Yogyakarta.
Tung, Y.K, (2013). Filsafat Pendidikan Kristen, Meletakkan Fondasi dan Filosofi Pendidikan Kristen di Tengah Tantangan Filsafat Dunia, ANDI, Yogjakarta,
Ubaidillah, A, (2016). Jurnal Bimbingan konseling Lintas Budaya, Perspektif Abdurahman Wahid, Universitas Islam Negri (UIN), Walisongo Semarang Indonesia, Vol.7, No.1, Juni 2016, 87-94.
Ubaidillah, A. (2016). Jurnal Bimbingan konseling Lintas Budaya, Perspektif Abdurahman Wahid, Universitas Islam Negri (UIN), Walisongo Semarang Indonesia, (7), 1, 122-132.
Undang-Undang Republik Indonesia, Penyandang cacat, artikel ini di akses 25 Oktober 2018 pada, http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_4_1997.
Yulia, A.T, (2017). kesesuaian pemenuhan kebutuhan difabel tunanetra dan tunadaksa di kota Surakarta terhadap kriteria kota ramah difabel, Universitas Sebelas Maret: Jurnal Region, 12(2): 181-191.
DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14217
Article Metrics
Abstract view : 1196 timesPDF - 3294 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License