Pengetahuan Lokal Manaku dan Nilafo dalam Pemanfaatan Tumbuhan pada Etnik Nias di Kabupaten Nias Barat

Ayu Febryani, Dedi Andriansyah, Nop Berilayani Hia, Aktivis Karnitus Zebua, Helen Nardalia Gea

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengeksplorasian dan pendokumentasin pengetahuan lokal etnik Nias dalam pemanfaatan dan pengelolaan tumbuhan lokal sebagai pangan dan obatan. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Sirombu, Mandrehe dan Mandrehe Barat, Kabupaten Nias Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung dan wawancara mendalam bersama masyarakat setempat. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan tahapan analisis Spradley. Hasil penelitian mengungkapkan adanya pengetahuan lokal manaku dengan memanfaatkan tumbuhan sagu (zagu) sebagai pangan. Kemudian, nilafo sebagai pengetahuan lokal dalam pemanfaatan tumbuhan wewe usö (daun benalu pohon duku) sebagai obatan yang saat ini masih diketahui oleh masyarakat setempat. Namun eksistensi pengetahuan lokal ini mendapatkan tantangan yakni masih minimnya proses pendokumentasian dan penulisan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan referensi kajian etnobotani terkait pengetahuan lokal Etnik Nias di Kabupaten Nias Barat.

Keywords


Pengetahuan lokal, Nias, Manaku dan Nilafo

Full Text:

PDF

References


Albuquerque, U.P., Ramos, M.A., Júnior, W.S.F. and De Medeiros,

P.M., 2017. Ethnobotany for beginners. Springer International Publishing.

Afif, A., 2010. Leluhur Orang Nias dalam Ceritacerita Lisan Nias. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 25(1), p.37087.

Anderson, F. (2009). Antropologi kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia. Daeng, H.J., 2000. Manusia. Kebudayaan dan Lingkungan Tinjuan Antropologis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fau, A., 2020. Studi Keanekaragaman Hayati Sebagai Sarana Edukasi Ekowisata Di Kawasan Air Terjun Baho Majӧ Desa Bawӧdobara. Jurnal Education and Development, 8(1), pp.289-289.

Harefa, S.K., Zega, U. and Bago, A.S., 2022. Pemanfaatan Daun Bandotan (Ageratum Conyzoides L.) Sebagai Obat Tradisional Di Desa Bawoza’ua Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), pp.14-24.

Koentjaraningrat, R.M., 2012. Pengantar Antropologi II: Pokok-Pokok Etnografi. Jakarta: Rineka Cipta,

Koentjaraningrat, K. 2010. Manusia dan kebudayaan di Indonesia. [Humans and culture in Indonesia]. Jakarta: Djambatan.

Pandapotan, S., 2018. Inventarisasi Kearifan Lokal Etnis Karo dalam Pemanfaatan Etnobotani di Kabupaten Karo. JEHSS: Journal of Education, Humaniora and Social Sciences, 1(1), pp.40-47.

Poerwanto, H. 2010. Kebudayaan Dan Lingkungan Dalam Perspektif Antropologi (Cetakan Ke5). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Puspitawati, P., Hasanah, N., Febryani, A., & Andriansyah, D. 2020. Kearifan Lokal Petani Kopi Dataran Tinggi Gayo. Yayasan Kita Menulis

Putra, I. S. (2019). Nilai Kearifan Lokal Suku Karo dalam Pengelolaan dan Pelestarian Sumber Daya Alam (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)

Sarumaha, M., 2019. Studi Etnobotani Tanaman Obat Keluarga Di Desa Bawolowalani Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and development, 7(4), pp.266-266.

Telaumbanua, T. (2019). Kaum milenial & kebudayaan Nias: Di persimpangan jalan. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 1-16.

Young, K. J. (2006). Ethnobotany. Infobase Publishing. Ziraluo, Y.

P.B., 2020. Tanaman Obat Keluarga Dalam Perspektif Masyarakat Transisi (Studi Etnografis pada Masyarakat Desa Bawodobara). Jurnal inovasi penelitian, 1(2), pp.99-106.




DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v9i1.46710

Article Metrics

Abstract view : 349 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal Of Social and Cultural Anthropology)
Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara dan Email: anthropos@unimed.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460 4585 (Print), ISSN: 2460 4593 (Online)